Saturday, April 01, 2017

Tutorial Membuat Flat Design Rocket Sederhana

Tags

Tutorial Membuat Desain Flat Rocket

Tutorial Membuat Desain Flat Rocket - Pernahkah kamu mendesain sesuatu yang simpel? Pernahkah kamu mendesainnya dengan waktu yang cukup lama? Wajar saja jika waktu yang diperlukan banyak karena memang otak kita dituntut untuk berkreasi dan berinovasi. Bagaimana jika desainnya biasa-biasa saja? Ya itu tergantung siapa yang melihatnya. 

Jika desainer profesional melihatnya akan biasa-biasa saja, berbeda dengan orang awam. Dalam mendesain flat memang terlihat minimalis karena tidak membutuhkan tekstur, bevel, bayangan tetapi mengandalkan warna-warna yang dilihat enak oleh mata. 

Komposisi warna memang sangat penting, baca juga Kombinasi Warna untuk Desainmu. Mungkin dari artikel itu kamu dapat pencerahan. Hehe

Nah, kali ini kita akan membuat sebuah rocket simpel dengan menggunakan desain flat di CorelDraw X7. Siapkan aplikasinya dan kopinya :D yuk langsung cuss..



1.    Buat persegi untuk backgroundnya. Buat ukuran sesuai keinginan, jika di tutorial saya membuatnya dengan ukuran 210 mm x 210 mm. Lalu taruh persegi di tengah dengan menekan tombol P, yang artinya Center of Page.


2.    Klik pada objek persegi yang tadi kita buat, lalu tekan F11, munculah pengaturan warna. Pertama kita pilih Uniform Fill (Warna Seragam), kemudian pilih RGB, lalu ketikkan #89D6FB untuk warna biru laut.
Jika ingin menggunakan warna lain, teman-teman bisa menggantinya sesuai selera.


3.    Nah, sekarang kita buat badan rocketnya dengan menggunakan Ellipse Tool.
Dari tool tersebut kita bisa membuat lingkaran atau oval.
Buatlah objek seperti gambar dibawah.
Berilah warna RGB dengan kode Hex #EFEFF0, cara memberi warnanya sama seperti langkah diatas.
NB: Jika ingin membuat lingkaran, tekan ctrl + drag & drop.


4.    Untuk memotong bagian bawah badan rocket, kita buat terlebih dahulu persegi panjang seperti yang ditunjukkan oleh gambar dibawah dana tur posisi yang menurut teman-teman pas.
Jika sudah kita klik objek persegi panjangnya kemudian tekan Shift + klik objek badan rocketnya.
Jika sudah pilih Trim pada Property Bar untuk memotongnya. Jika dirasa kurang paham bisa baca Tutorial Fungsi Shaping.


5.    Kemudian kita buat 2 persegi panjang dengan ukuran yang berbeda
Kamu bisa melihat perbandingan kedua persegi panjang itu pada gambar dibawah. Atau mungkin teman-teman bisa berinovasi sendiri.
Jika sudah selesai membuat 2 persegi panjang tersebut, beri warna RGB dengan kode Hex #02434C (Biru Dongker Muda) dan #002429 (Biru Dongker Tua). 


6.    Lalu buat segitiga dengan Polygon Tool, atur banyaknya sudut menjadi  3 sudut dan ukuran seperti yang tertera pada gambar dibawah,
Lebar = 20.079 mm
Panjang = 59. 557 mm

Jika teman-teman kurang suka dengan angka desimal yang berkoma, teman-teman bisa membulatkan ukuran panjang dan lebarnya. Kemudian atur rotasi objek menjadi 90 derajat.


7.    Masih membuat sayap rocket, kita gandakan objek sayap kiri dengan menekan tombol Ctrl + C lalu Ctrl + V.
Setelah itu kita buat Mirror Horizontally (Tanda Merah) dan posisikan ke kanan serta sejajar dengan sayap kiri.


8.    Setelah membuat dua sayap tadi, kita ubah posisinya di belakang badan rocket. Caranya dengan klik kanan objek badan rocket kemudian pilih Order lalu pilih To Front of Layer.


9.    Sekarang giliran membuat kepala roketnya, buat persegi panjang dan atur posisinya sesuai kebutuhan, yang penting pas dan presisi.

Pakailah Smart Fill Tool untuk memberi warna pada kepalanya. Kemudian hapus persegi panjang tersebut.


10.    Lalu kita buat antena roket diatas kepala, buatlah objek  antenna (seperti ditunjukkan pada gambar dibawah) dengan menggunakan Rectangle Tool dan Ellipse Tool.

Ingat! jika ingin membuat lingkaran, tekan ctrl + drag & drop. Kemudian blok semua dan pilih Weld untuk menggabungkan objek-objek tadi.


11.    Sekarang kita buat kaca jendela pada roket, buatlah lingkaran dengan menggunakan Ellipse Tool.
Jangan lupa caranya buat lingkaran ya, dengan menekan Ctrl + drag & drop.
Lalu atur ketebalan outline 2,5 mm, jika kamu merasa outline nya kurang tebal atau terlalu tipis bisa di ubah sendiri. Atur posisi objek tersebut ditengah.

Berikan warna outline dengan warna RGB Hex #02434C dan warna bagian dalamnya dengan warna RGB Hex #EDF9FF.


12.    Kemudian kita buat api roket dengan menggunakan tool yang sama yaitu Ellipse Tool. Buatlah dua objek seperti gambar dibawah serta atur posisinya. Lalu kita aktifkan keduanya dan pilih Weld untuk menggabungkan kedua objek tersebut.

Setelah itu beri warna RGB dengan kode Hex #FCA519.


13.    Buatlah objek yang ketiga seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah dengan menggunakan tool yang sama juga yaitu Ellipse Tool. Atur posisinya ditengah.

Setelah itu beri warna RGB dengan kode Hex #FFEDB8.


14.    Selangkah lagi selesai, kita blok semua objek yang sudah dibuat tadi kecuali lingkaran tengah yang di anak panah merah (karena objek tersebut mengandung outline). Kemudian kita hilangkan outline dengan memilih None.


15.    Nah, inilah hasil akhirnya setelah dihilangkan outlinenya, lebih bagus kan?
Flat Rocket


Yap, mungkin itu saja tutorial membuat desain flat rocket simpel. Teman-teman bisa berkreasi dan berinovasi sesuai imajinasi masing-masing, jadi tidak melulu harus sama dengan tutorial. Terimakasih sudah berkunjung di blog techsigntic dan semoga yang sedikit ini bermanfaat. Tunggu postingan selanjutnya ya ^^ paipai..

Jika ada yang lebih suka nonton video tutorial daripada baca, tonton disini:
Tutorial Membuat Flat Design Rocket Sederhana


EmoticonEmoticon