Wednesday, March 29, 2017

Ethernet atau WiFi untuk nge-Game? Lebih baik mana?

Ethernet Vs WiFi untuk Game

Ethernet vs WiFi buat nge-game? Lebih baik mana? - Pernahkah kamu main game sambil marah-marah karena koneksi internet? Mungkin tidak bagi gamers offline. Bagaimana dengan para gamers online

Perkembangan game online saat ini sudah berkembang sangat pesat, apalagi para gamers ini bukan hanya dari kalangan remaja, tetapi mulai dari anak-anak bahkan sampai orang dewasa. Mereka rela datang ke warnet (warung internet) untuk bermain game, bahkan ada yang semalaman full menghabiskan waktunya untuk bermain game. 

Bagaimana dengan orang-orang yang bermain game dengan menggunakan komputer mobile (Laptop)? Tak bisa dipungkiri merekapun membutuhkan koneksi internet untuk bermain game online.
Selain spesifikasi laptop yang kamu gunakan untuk bermain game online harus mumpuni, ada faktor utama lain yang harus kamu perhatikan agar kegiatan nge-game kamu lancar jaya alias tidak nge-lag ditengah jalan. Apa itu? Yup tentu saja koneksi internet.

Lalu, sebaiknya kita menggunakan kabel Ethernet (LAN) atau WiFi saat bermain game online? Ada yang bilang kabel LAN lebih stabil dan bebas interfensi. Benarkah?
Sebenarnya ini pertanyaan yang mudah untuk dijawab, apalagi  tiap-tiap orang memiliki kondisi dan situasi yang berbeda-beda saat bermain game online, situasi dan kondisi ini turut menjadi faktor yang akan mendukung optimalisasi penggunaan Ethernet atau WiFi. Yuk simak  penjelasannya^^
            

Ethernet vs WiFi: Perbedaan Dasar

Perbedaan mendasar antara Ethernet (LAN) dengan WiFi sangat jelas. Yang satu mengharuskan kamu untuk terus tersambung ke router (tentunya menggunakan kabel), yang mana tidak cocok untuk laptop, sedangkan yang satunya memungkinkan kamu menggunakan koneksi darimanapun juga.
Tentu saja banyak orang yang tidak ingin ribet, mereka mengutamakan rasa nyaman. Biasanya yang nyaman itu tidak bisa lepas. Hehe...
Faktanya, saya sebagai mahasiswa atau anak kos mungkin tidak bisa menggunakan Ethernet (LAN) sehingga WiFi merupakan satu-satunya pilihan terbaik untuk para mahasiswa.
Beberapa cafe, rumah makan, tempat tongkrongan yang terdapat koneksi WiFi akan ramai karena mereka berburu koneksi internet. Jadi tak heran mereka betah duduk berlama-lama di tempat itu.

Ethernet vs WiFi: Kinerja dan Keandalan


WiFi


Ethernet vs. WiFi: Mana yang kinerjanya lebih handal ?


Terdapat beberapa faktor yang dapat berpengaruh besar pada kinerja ethernet maupun WiFi, contohnya; kabel yang kamu gunakan untuk Ethernet atau perangkat WiFi yang kamu pakai.

Bagaimanapun juga, kebanyakan gamers menggunakan kabel LAN sebagai solusi yang paling handal untuk kelancaran bermain game online.

Hal ini dikarenakan router pada WiFi seringkali melakukan QoS atau Quality of Service dimana router membuat prioritas aplikasi mana yang harus lebih dulu dijalankan.

Biasanya, penyedia layanan internet untuk router WiFi kamu menganggap bahwa game bukanlah sesuatu yang harus diutamakan sehingga mereka lebih memprioritaskan suara dan video (seperti YouTube) dibanding game kamu

Apalagi jika kamu menggunakan router WiFi bersamaan dengan orang-orang sekitarmu maka koneksi internet menjadi lebih lambat (5Mbps kebawah) karena kurangnya bandwidth untuk dibagi. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya koneksi data (nge-lag), waktu respon yang delay, dan masalah-masalah umum lainnya yang sering dialami oleh gamers.

Nah dari situ para gamers online pun terkadang sebal atau marah, pengalaman teman saya yang sampai berkata kotor bahkan membanting mouse karena koneksinya lambat.

LAN Ethernet


Nah, gamers online tidak perlu khawatir dengan masalah-masalah diatas jika kamu menggunakan kabel LAN, koneksi internet akan lebih stabil. Kamu juga akan merasakan kecepatan download yang lebih tinggi dibandingkan menggunakan WiFi.

Dalam bermain game secara online pasti akan ada interval waktu respon antara kamu, server, dan orang yang menjadi lawan main kamu, tetapi dengan menggunakan kabel LAN, hal tersebut dapat diminimalisir sehingga kamu bisa main dengan lancar tanpa adanya gangguan jarak.


Ethernet vs WiFi: Solusi Baru di Pasar


Wireless Standards Table

IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) yang merupakan organisasi non profit yang bertanggung jawab membuat standar bagi berbagai macam teknologi, termasuk teknologi informasi. IEEE membuat rangkaian standar-standar yang berkenaan dengan jaringan wireless, dikenal dengan 802.11.

Standar komunikasi wireless yang digunakan terus berubah seiring perkembangan zaman, namun umumnya tetap berasal dari keluarga 802.11.

Kemunculan awal standar 802.11ac memberikan beberapa manfaat bagi para konsumen.
Dengan menggunakan jaringan wireless 802.11ac tidak ada lagi yang mengalami kemacetan download/upload dikarenakan kecepatan internet melebihi 1Gbps. Meskipun begitu, masih terdapat 2 masalah utama yaitu :
•    Standar 802.11ac tidak dapat mengatasi gangguan jaringan yang disebabkan oleh kepadatan pengguna. Hal inilah yang biasanya membuat kinerja WiFi buruk untuk gaming.
•    Standar 802.11ac memiliki rentang jarak yang tidak terlalu luas sehingga tidak terlalu nyaman untuk digunakan apabila dibandingkan dengan standar 802.11g

Di setiap keadaan, untuk jaringan yang tidak terlalu padat pengguna, WiFi pada 802.11ac atau 802.11g seharusnya baik-baik saja. Namun, jika kamu bermain game secara kompetitif dan sangat serius maka kamu membutuhkan kinerja yang konsisten dari perangkat PC dan setelan jaringan mu.

Jadi kesimpulannya, kabel LAN lebih unggul dibanding WiFi, kan? Yap betul, pengalaman saya menggunakan kabel LAN memang tidak bisa dipungkiri kecepatan downloadnya. Apalagi teman kos saya sampai membeli kabel LAN, padahal kos itu terdapat WiFi. Setelah saya tanyakan, ternyata agar koneksinya lancar saat bermain game maupun download. Tetapi disamping itu penggunaan WiFi lebih pas untuk streaming dan browsing.

Bagaimana? Sudah menjawab pertanyaan yang ada dihati? Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih kunjungannya. Ditunggu postingan selanjutnya ya ^^


EmoticonEmoticon