Saturday, January 28, 2017

Bagaimana Cara Menggunakan Font Awesome untuk DESAIN GRAFIS?

Font Awesome dan cara penggunaannya pada CorelDraw

Bagaimana Cara Menggunakan Font Awesome untuk DESAIN GRAFIS? - Saat itu kami sedang berada disebuah tempat yang namanya dirahasiakan demi keamanan negara dan bangsa, mari kita sebut saja tempat itu perpustakaan.

Saat sedang berjalan kami melihat sebuah poster yang cukup menarik, jangan tanya apa isinya, kami sudah lupa itu poster tentang apa. Tapi kami masih mengingat dengan jelas desainnya, disalah satu sudut poster, ada logo Facebook, Twitter, dan Instagram.

Lalu entah datang dari mana muncul sesosok tinggi disamping kami, yang mungkin mau baca poster juga, atau cuma sekedar iseng mau ngukur tinggian mana, dia atau papan pengumuman *sumpah ini orang tinggi amat.

Kami gak terpengaruh akan kehadirannya, masih sibuk ngomentarin desain posternya dengan gaya kritikus sejati, tiba-tiba si Mas Tinggi yang baru datang nyeletuk Ini pake font awesome ya? Sambil menunjuk logo Facebook.
Kami menoleh ke arah si Mas Tinggi. Bengong.
Si Mas Tinggi menoleh ke arah kami.
Kami tersenyum.
Si Mas Tinggi tersenyum.
Kami menatap dengan wajah yang berusaha dibuat imut, tapi sepertinya gagal karena si Mas Tinggi malah nyengir kuda dan pergi ninggalin kami.

Tapi sebelum pergi si Mas Tinggi ngeluarin kata-kata Sok bahas desain, font awesome aja gak tau!

Jleb! Sakit. Banget.

Ok, semua yang kamu baca diatas adalah hal fiktif belaka, itu cuma sekedar dramatisasi aja.

Buat yang mungkin pernah mengalami kejadian seperti hal fiktif diatas, kamu sebaiknya baca terus sampai selesai.

Buat yang belum pernah mengalami kejadian seperti hal fiktif diatas, malah kamu harus baca terus sampai selesai, supaya kejadian diatas jangan sampai terjadi dalam hidupmu.

Jadi, Font Awesome itu adalah font dalam bentuk icon vector, Tapi semua ikon adalah font, bukan dalam format png apalagi jpg. Dan tentu saja gratis bebeh.
Biasanya font awesome banyak digunakan oleh orang-orang dalam mendesain blog atau website, tapi gak sedikit juga yang memanfaatkannya untuk mempermanis desain poster, pamflet, atau jenis desain grafis lainnya, bahkan dalam slide presentasi juga bisa kamu gunakan.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan agar bisa menggunakan font awesome dalam desain adalah, kamu harus sudah install FontAwesome.ttf atau FontAwesome.otf di komputer kamu. Jika kamu belum memiliki kedua file tersebut, inilah saat yang tepat untuk membuka website font awesome. Bisa dengan mengetik fontawesome.io di web browser atau search di google.

Saat sudah memasuki website  font awesome, kamu akan melihat tombol download, klik tombol tersebut untuk mengunduh file zip yang berisi FontAwesome.ttf atau FontAwesome.otf.

Cara menggunakan font awesome 1


Setelah tombol Download di klik, akan muncul window pop-up untuk memilih apakah kamu tertarik untuk mendownload Fort Awesome yang memiliki fitur lebih lengkap.*muncul di website font awesome 4.7.0*, Fort Awesome ini berbayar, tapi jika kamu adalah pecinta hal gratisan seperti kami, maka klik tombol yang bertuliskan "No thanks, just download Font Awesome"

Cara menggunakan font awesome 2


Jika sudah didownload, ekstrak file zip, lalu buka folder fonts dan klik file FontAwesome.ttf atau FontAwesome.otf.

Terserah, sesuai keinginan kamu. nanti deh, kita bahas apa perbedaan file font dengan  ekstensi .ttf dengan .otf di kesempatan selanjutnya.

Untuk saat ini kita klik cepat 2 kali FontAwesome.ttf saja, lalu jika muncul window baru, klik install untuk menginstall font awesome nya.

Cara menggunakan font awesome 3


Jika sudah terinstall, kembali ke web browser dan kunjungi halaman fontawesome.io/cheatsheet/
kamu bisa menyimpan halaman ini dengan klik kanan, dan pilih Save Page As, karena setiap kali kamu mau menggunakan ikon di font awesome, kamu harus mengcopy icon nya lalu di paste kan ke lembar kerja desain kamu.

Cara menggunakan font awesome 4


Kita coba dengan memblock icon fa-comments, lalu di copy.  
Oh iya, jika kamu tidak terkoneksi internet saat membuka laman fontawesome.io/cheatsheet yang sudah kamu simpan, maka icon tidak akan muncul, namun digantikan oleh gambar kotak.

Cara menggunakan font awesome 5

Tapi tidak mengapa, kamu tetap bisa mengcopy nya, dan menempelnya ke laman kerja desain mu. Untuk mencari ikon yang kamu inginkan, cukup lihat nama ikon nya. Contohnya tulisan fa-coffee, berarti itu nama untuk ikon yang bergambar secangkir kopi.
Agar tidak sulit mengecek satu per satu, langsung tekan ctrl+F lalu ketik nama ikon yang kamu inginkan.

Nah, untuk kali ini, kami akan menunjukkan cara menggunakan font awesome di CorelDraw. Penggunaan di software untuk desain lainnya akan sama saja.

Pada lembar kerja CorelDraw, klik Text Tool lalu klik kiri pada lembar kerja untuk membuat text artistik.

Selanjutnya klik kanan atau tekan ctrl+V untuk menempel ikon yang kita copy tadi.
Tapi loh tapi, kok yang muncul masih ikon kotak?
Tenang-tenang. Itu hal lumrah kok.

Cara menggunakan font awesome 6


Blok ikon kotaknya, lalu pilih FontAwesome pada font list.
Selamat, kamu sudah berhasil mengunakan ikon FontAwesome di laman kerja desain grafis mu. ^^

Cara menggunakan font awesome 7


Nah, kamu bisa menggunakan ikon apapun di font awesome sesuai dengan kebutuhanmu. Semoga kamu tidak bingung lagi jika ada yang bertanya tentang font awesome ke kamu.
Salam Semangat Hai Pejuang Muda!!!!

2 komentar

Dengan senang hati :-d
Salam kenal teman
Senang sekali jika postingan ini bisa bermanfaat :>)


EmoticonEmoticon