Tuesday, May 02, 2017

Adobe Illustrator atau CorelDraw? Manakah yang lebih baik? Tentukan Pilihanmu!

Tags

Adobe Illustrator atau CorelDraw

Adobe Illustrator atau CorelDraw? Tentukan Pilihanmu - Apakah kamu desainer grafis? Atau baru calon desainer? Jika kamu seorang calon desainer grafis ada baiknya kamu mempersiapkan apa-apa saja yang akan dipelajari nantinya. Jika kamu sudah terjun di dunia grafis, juga tak ada salahnya lebih menambah pengetahuan, ilmu tak akan ada habisnya, selalu saja ada hal baru yang muncul, bahkan hal yang sudah diketahuipun terkadang terlupa, sehingga tak ada salahnya untuk mengulang kembali, menggali memori lama.

Dimana ada desainer grafis, disitu pasti ada aplikasi desain grafis yang digunakan. Kamu tahu aplikasi desain yang sangat popular dan sering digunakan? Pastinya tidak asing dengan Adobe Illustrator dan CorelDraw, bukan? Dua aplikasi besar ini sangat popular bagi desainer grafis dalam negeri maupun luar negeri. Bagi kamu yang masih bingung dengan aplikasi yang akan digunakan nanti, yuk bisa disimak artikelnya. Penasaran? kuuyyy :D

Apa itu Adobe Illustrator dan CorelDraw?
Keduanya adalah aplikasi editor grafis berbasis vektor. AI (Adobe Illustrator) yang merupakan produk dari Adobe dan dibuat oleh Adobe Systems. Sedangkan CorelDraw merupakan produk dari Corel. Kegunaan keduanya yaitu membuat hasil karya berbasis vektor. Sebagaimana yang kita tahu vektor adalah gambar dimana jika gambar di perbesar(zoom) akan tetap bagus alias gambar terlihat mulus tidak pecah atau buram.

Tampilannya bagaimana?
Adobe Illustrator
Tampilan Adobe Illustrator

Sekilas, interface Adobe Illustrator mirip sekali dengan Adobe Photoshop, ya iyalah kan 1 perusahaan. Hehe orang yang terbiasa menggunakan aplikasi Photoshop pastinya tidak asing dengan tampilan dari Adobe Illustrator.dan akan lebih mudah mengenali tool-tool yang ada di Adobe Illustrator

CorelDraw
Tampilan Corel Draw

Terlihat dari tampilannya simpel dan user friendly.
Dilihat dari tampilan keduanya, tampilan AI lebih rumit dibandingkan dengan CorelDraw. Yang membuat AI lebih rumit yaitu pada ToolBoxnya, terlihat lebih banyak dibandingkan dengan CorelDraw. Tampilan ikon CorelDraw pun juga lebih jelas dimengerti.

Cocok mana?
Cocok tidaknya itu tergantung juga penggunanya, jika untuk orang awam lebih baiknya menggunakan CorelDraw yang memiliki tampilan yang user friendly a.k.a ramah terhadap pengguna seperti yang sudah saya sebutkan diatas. CorelDraw cenderung lebih mudah digunakan. Teman-teman saya banyak yang menggunakan aplikasi ini, mungkin karena tidak ingin ribet kali ya. Sedangkan Adobe Illustrator lebih digunakan untuk orang orang yang sudah expert. Namun bukan berarti sebuah kesalahan jika kamu yang baru ingin belajar desain, langsung menggunakan Adobe Illustrator, semuanya akan bisa jika kita terbiasa.

Belajar desain darimana?
Perbanyak nonton tutorial di YouTube, untuk tutorial AI kebanyakan berbahasa inggris tetapi untuk CorelDraw sangat banyak yang berbahasa indonesia. Tidak hanya nonton lho yaa, tetapi langsung di praktekan.
Dulu sejak SMA, saya sudah diajari desain dengan menggunakan Corel tetapi sangat dasar dan saya kembangkan saat kuliah sampai sekarang. Merasa bosan dengan Corel, saya mencoba menggunakan AI dan memang benar, AI lebih ribet dibandingkan dengan Corel yang apa-apa serba simpel.

Kelebihan dan Kelemahan spesifik masing-masing menurut saya
Untuk penggunaannya CorelDraw lebih berat, saya terkadang nge-hang atau Not Responding secara tiba-tiba dan itu membuat saya kesal. Sedangkan AI walaupun aplikasinya besar tetapi dalam penggunaanya ringan.
Meskipun begitu, AI lebih ribet pengerjaannya dibandingkan dengan CorelDraw. CorelDraw memiliki shortcut yang mudah dihafal jadi lebih cepat pengerjaannya.
Lalu, 
Kelebihan lainnya dari Adobe adalah, Adobe memiliki software yang banyak dan juga popular di bidangnya masing-masing. Dengan demikian AI dapat berintegrasi dengan software Adobe lainnya.
Untuk CorelDraw masih sedikit fiturnya.

Secara umum, Adobe Illustrator lebih dipakai oleh desainer profesional. Kenapa bisa begitu? Bukan berarti CorelDraw tidak, Saya sering mengunjungi situs luar tentang desain grafis, disitu tidak ada yang menggunakan CorelDraw. Situs jual beli desain pun juga sama, mereka menggunakan AI sebagai aplikasi desainnya. 

Tetapi da seorang teman saya yang menjual desain ke luar negeri menggunakan CorelDraw, lalu hasil desainnya ia export ke Adobe Illustrator agar bisa diterima. Untuk di indonesia lebih banyak menggunakan CorelDraw baik untuk personal maupun untuk bekerja.

Bagi kamu yang benar-benar ingin belajar desain tanpa mempertimbangkan susah tidaknya penggunaan masing-masing aplikasi, pilihlah Adobe Illustrator. Tetapi jika kamu ingin belajar desain dengan cepat, pilihlah CorelDraw. Jika kamu ingin menjual desainmu dengan harga yang tinggi, pilihlah Adobe Illustrator karena aplikasi ini lebih di akui didunia jual beli desain yang cakupannya ranah global. Walaupun dengan Corel bisa di export tetapi alangkah baiknya gunakan langsung aplikasi Adobe Illustrator.

Disini saya tidak berpihak ke AI karena pada dasarnya dari dulu saya pengguna CorelDraw.. hehe saya masih jarang menggunakan AI, sesekali pernah pastinya. Saya sadar bahwa AI masih jarang yang menggunakan khususnya di Indonesia. CorelDraw sangat populer di negeri kita, banyak percetakan yang menggunakan aplikasi ini. Tetapi jika kamu ingin belajar AI, tekunilah karena Adobe Illustrator memiliki poin plus tersendiri bagi kamu seorang desainer.

Intinya apapun aplikasi yang digunakan itu tergantung dari orangnya, lebih suka dan nyaman yang mana. Dan juga sesuai kebutuhan individu, ada yang suka menjual desain dan ada yang hanya sekedar hobi saja. Sekali lagi, kedua aplikasi ini sama-sama bagus. Walaupun bagus, pasti keduanya memiliki kekurangan masing-masing.

Semoga setelah membaca artikel ini dapat pencerahan dan bermanfaat. Silahkan di share jika artikel ini layak untuk dibaca dan tunggu postingan selanjutnya ya, terimakasih ^^
Jangan lupa ikuti blog ini terus karena siapa tahu dari blog ini kamu mendapatkan ilmu baru atau sekedar share pengalaman^^


EmoticonEmoticon