Sabtu, Februari 16, 2019

Cara Export File SVG dari Adobe Illustrator


Cara Export File .svg dari Adobe Illustrator - Halo teman-teman desainer, semoga saat membaca ini kalian dalam keadaan sehat tanpa kurang sedikitpun ya, aamiin. Artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara meng-export atau menyimpan file.svg (Scalable Vector Graphics) dari Adobe Illustrator (AI). Sebelum kita bahas, mari kita cari tahu apa itu file ekstensi svg.

Pernah dengar kata ‘svg’? Tentunya bagi seorang programmer, UI/UX designer, dan web designer mungkin tidak asing lagi dengan file ini. Lho, kenapa bisa begitu gan? Ya bisa dong, mereka pasti membutuhkan sebuah icon didalam maupun tampilan web/aplikasi bukan? Pastinya iya, dan file apa yang membuatnya terasa ringan? Jawabannya file svg ini. 

Kenapa tidak png saja? Toh hasilnya juga sama aja kan? Ternyata tidak juga. Kelebihan dari file svg ini yakni ukurannya lebih kecil dan mudah dikompres dibandingkan ekstensi lainnya. File ini berbentuk vector yang berarti dapat diperbesar (zoom & scale) sampai resolusi tinggi dan tidak pecah. Menarik bukan? Kecil-kecil tapi mantap. Hehe

Begitulah penjelasan singkatnya, yuk lanjut ke tutorial. 

1. Buka aplikasi AI yang berisi desain icon atau apapun itu. Pastikan tidak ada gambar bitmap didalamnya.

Adobe Illustrator Interface


2. Lalu pilih menu File -> Save As.

Menu File AI


3. Kemudian muncul jendela baru, kita pilih folder yang akan kita simpan filenya. Lalu pilih SVG (*.SVG) pada Save as type.

Save As SVG Adobe Illustrator


Baca Juga : 

4. Langkah selanjutnya kita sesuaikan pengaturan SVG seperti gambar dibawah. Jika sudah klik OK.

SVG Options


5. Kemudian cari file svg yang tadi kita simpan. Lalu klik kanan pada file tersebut kemudian pilih Open With dan klik “Google Chrome” atau mesin pencari lainnya. 

Open SVG File


6. Jika muncul gambar seperti dibawah ini berarti kalian sudah berhasil. Cobalah untuk Scaling jendela pada google chrome, hasilnya akan tetap bagus tanpa pecah dan juga cek ukuran filenya, hanya sebesar 3 KB saja (contoh punya saya).

Preview File SVG


Untuk membuka file svg tidak hanya di mesin pencari saja (khusus untuk preview saja) tetapi dapat dibuka di CorelDraw, AI, Inkscape juga (untuk preview sekaligus edit).

Bagaimana teman-teman? Sudah berhasil sampai selesai? Jika ada sesuatu untuk ditanyakan, mungkin kita bisa sharing disini. 

Mungkin sampai sini saja yang bisa saya share, semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Keep thirsty ya! Cheers ^^

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon