Sunday, September 09, 2018

File Eps Tidak Bisa Dibuka di CorelDraw? Apa Yang Harus Dilakukan?

file eps tidak bisa dibuka

File Eps tidak bisa dibuka di CorelDraw? Apa yang harus dilakukan? – Artikel ini merupakan lanjutan dari pembahasan sebelumnya yaitu File Eps dan Cara Membukanya di CorelDraw. Bagi yang belum tahu apa itu file eps bisa dibuka lagi artikel sebelumnya. File EPS (Encapsulated PostScript) ini pastinya tidak asing bagi para desainer, karena fungsi dari eps ini bisa dibuka di aplikasi berbasis vektor seperti Adobe Illustrator, CorelDraw dan Adobe Photoshop.


Lanjut, nah setelah lama menggunakan coreldraw dan sering sekali memakai file eps untuk bahan desain saya, akhirnya mendapat sedikit masalah pada file eps ini. Ternyata tidak semua file eps bisa dibuka di coreldraw, tahu kenapa? Pernah mengalami? Mari kita simak.

Pernah muncul tampilan jendela seperti dibawah saat mengimport file eps ke CorelDraw? 


eps error

Ini hasil penampakan terjadinya eror saat membuka salah satu file eps. Sebenarnya dari sini saya tidak tahu kenapa bisa eror dan tidak bisa dibuka, bukan karna laptop maupun lainnya melainkan memang dari filenya itu sendiri. Setelah munculnya penampakan diatas pasti aplikasi CorelDraw tidak bisa kita gunakan karna hang. Tetapi jangan khawatir itu hanya butuh waktu menunggu saja dan nantinya akan muncul penampakan seperti ini.

tidak bisa buka eps

Setelah klik Ok, kita sudah bisa menggunakan aplikasinya kembali tetapi file eps yang tadi tidak bisa dibuka. Nah jangan khawatir, itu semua ada solusinya setelah saya coba-coba dan akhirnya berhasil dengan cara ini. Ikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, kamu harus punya aplikasi Adobe Illustrator (wah ribet ya harus install-install gitu). Tidak apa-apa lah ribet asal berhasil, ya kan. Hehe

Kedua, kamu buka aplikasi Adobe Illustratornya (aplikasi yang saya demokan ini versi CS6).
adobe illustrator
  
Ketiga, kamu buka folder yang berisi file eps tadi lalu seret file tersebut ke AI.

cara buka eps di ai

Keempat, setelah muncul gambar eps di halaman AI, klik File kemudian pilih Save As.

save format ai


Kelima, Simpan file tersebut sesuai yang kamu inginkan, lebih baik disimpan 1 folder dengan file yang berkaitan. Jenis file biarkan tetap .ai, kemudian pilih Save.

save format ai

Baca Juga : 

Keenam, Lalu akan muncul tampilan jendela sebagai berikut. Tidak perlu ada yang diubah dan klik saja Ok.

tampilan export eps

Ketujuh, File .ai hasil export dari .eps tadi langsung saja diseret ke lembar kerja CorelDraw dan lihatlah hasilnya.

Untuk mengeditnya, kamu bisa klik kanan objeknya lalu Ungroup untuk memisahkan objek tersebut ke banyak objek. Jika ingin mengubah bentuk bisa gunakan Shape Tool.

Bagaimana? Berhasil bukan? Selama ini saya sering mengalami eror dan mungkin ini yang bisa saya share ke teman-teman semua, semoga tercerahkan. Semoga yang sedikit ini bermanfaat bagi yang membaca dan mungkin jika dari teman-teman ada yang punya solusi yang lebih joss bisa di share di kolom komentar. hehe 

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon