Friday, August 11, 2017

Jadi DJ di Google Doodle HARI INI!

Google Doodle Burning Man Festival 1998
Techsigntic - Google selalu melakukan hal unik pada logonya jika sedang memperingati hari-hari besar. Diawali dengan Google Doodle pertama Burning Man Festival pada 1998, hingga kini Google Doodle terus mengalami perubahan. Awalnya hanya gambar biasa, kini Google Doodle lebih interaktif dan menarik. dan bisa dibilang lebih menarik.

Tidak lagi hanya sebuah gambar logo, seiring waktu Google Doodle mulai menampilkan video berupa film singkat. Sebut saja Google Doodle saat Valentine tahun 2012 yang menampilkan cerita pendek seorang anak pria yang ingin menarik hati gadis pujaannya yang diisi dengan lagu klasik Tony Bennet.


Setelah film pendek, Google Doodle kembali membuat gebrakan saat memperingati 30 tahun game Pac-Man, kamu bisa memainkan permainannya pada homepage Google dengan labirin berbentuk logo Google.




Kini, pada tanggal 11 Agustus 2017 (Waktu Indonesia) Google memperingati sejarah Hip-Hop dengan-wow-turntables interaktif yang bisa kamu mainkan! Kamu bisa memilih lagu yang tersedia di playlist google doodle dan berlagak seperti DJ handal!

Google Doodle ulang tahun Hip-Hop ke 44

Hal yang harus kamu lakukan adalah mengklik tombol play pada logo google, dan kamu akan langsung melihat dua buah turntable. Kamu bisa mengikuti tutorial yang disediakan atau bisa langsung memainkan turntable mu dengan mengklik SKIP TUTORIAL.

Pada playlist kamu bisa memilih sampel musik klasik dari artis seperti George Clinton, The Isley Brothers, Billy Squire, dan Betty Wright. Ketika memilih lagu, kamu bisa mengatur mixing lagu dengan slider yang berada di tengah bawah.

Cobalah untuk memadukan lagu yang pas sesuai objectives yang tersedia. Jika kamu menemukan lagu yang dimaksud pada objective(s) tersebut, kamu akan membuka window yang berisi fakta-fakta tentang dunia Hip-Hop. Untuk melihat Objective yang tersedia, kamu bisa klik pada gambar piala yang ada di bagian tengah atas.



Sebelum ini Google juga pernah membuat Google Doodle interaktif, dimana user seperti kita bisa memainkan atau membuat musik sendiri. Seperti saat memperingati  hari ulang tahun Oskar Fischinger ke 117. Oskar Fischinger sudah cukup memiliki nama di dunia desain, terkhususnya di dunia motion graphic dan animasi.

Kamu bisa melihat Google Doodle untuk mengenang Oskar pada video berikut ini, dimana salah seorang youtuber yang sering menggunggah permainan pianonya di Youtube, memanfaatkan Google Doodle ini dan memadukannya dengan permainan pianonya menjadi sebuah musik yang pasti akan kamu suka.


Perla Campos, yang bekerja untuk pembuatan Doodle di Google mengatakan bahwa ini adalah doodle pertama yang paling kompleks yang pernah mereka buat. Ada banyak tantangan dan suara yang harus diatur, belum lagi cara mengatur beat agar sesuai dengan animasi.

Kamu bisa memainkan turntables klasik ini pada homepage Google hari Jum'at dan Sabtu (sepertinya). Karena ya, besok-besok udah gak ada lagi. Hehe...

Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut tentang Google Doodle Hip-Hop ini, bisa cek di blognya Google loooh... XD


EmoticonEmoticon