Fitur Terbaru Backup dan Sync dari Google Drive

Google Drive Backup dan Sync
Fitur Terbaru Backup dan Sync dari Google Drive - Siapa yang tak tahu Google Drive? Media penyimpanan berbasis cloud yang dimanfaatkan ketika media fisik seperti Flash Disk dan Harddisk tak lagi bisa memenuhi kebutuhan.


Jika dianalogikan, Google Drive seperti lemari, yang bisa kita gunakan untuk menyimpan pakaian termasuk barang-barang kita, namun cara kita menyimpanya kurang teratur. Karena file-file biasanya hanya diupload begitu saja oleh pengguna.

Fitur penyimpanan di Google Drive memungkinkan pengguna menyimpan file seperti gambar, video, musik, dokumen, maupun file lainnya. Tergantung seberapa banyak ruang penyimpanan, semakin banyak ruang semakin mudah untuk menyimpan apa saja didalamnya.

Sebelumnya, kita menggunakan Google Drive hanya untuk menyimpan hal-hal yang dengan sengaja kita upload, dan dimaksudkan untuk disimpan sementara di Google Drive. Atau, seperti yang sering TechSigntic lakukan, Google Drive digunakan sebagai media file sharing (berbagi file).

Tapi Google tampaknya tak puas hanya sampai disini saja, dengan semakin merebaknya isu dan kasus kehilangan data karena virus komputer seperti WannaCry yang baru-baru ini heboh terjadi, Google Drive  menawarkan fitur Backup data dan Sinkronisasi data komputer kita.

Jadi tak perlu lagi khawatir jika data yang ada di komputer tiba-tiba hilang atau dimakan virus. Tenang saja, fitur backup dan sinkronisasi Google Drive siap menjadi jawaban atas semua kebutuhan penyimpanan komputer kita. 

Search Engine terbesar ini baru saja mengumumkan fitur Backup and Sync baru yang akan memberikan layanan untuk menyimpan semua file atau data yang ada di komputer kita. Fitur tersebut membuat manajemen file atau data menjadi pengalaman yang lebih nyaman dan efisien. Daripada kita repot-repot membuat folder yang baru di Google Drive, fitur ini menciptakan sistem folder desktopmu di Google Drive.

Jadi, seperti apa folder-folder yang kita pilih untuk dibackup tersimpan pada komputer kita, maka seperti itu juga folder-folder tersebut disimpan di Google Drive. Semua file tersebut, yang ada di komputer kita akan disimpan di Google Drive sama persis terduplikat jika kita menggunakan fitur Backup and Sync ini.

Google mengatakan bahwa fitur ini tidak hanya dibangun untuk sistem yang lebih kompleks seperti digunakan untuk bisnis, melainkan juga dapat digunakan untuk kebutuhan pribadi. Dengan cara ini, kita akan lebih mudah untuk membuat file cadangan.

Fitur baru ini memungkinkan kita memilih mana folder file yang ada di komputer untuk dicadangkan di Google Drive. Nah untuk layanan gratis Google Drive hanya dapat menyimpan maksimal 15 GB untuk 1 email. Kecuali kamu membayar untuk mendapatkan layanan lebih dari 15 GB penyimpanan, jika memang file yang akan dicadangkan atau disimpan sangat banyak.

Google merilis fitur ini pada 28 Juni kemarin untuk pengguna umum Mac dan Windows. Google memodifikasi aplikasi penyimpanan Google Drive miliknya dengan fitur Backup dan Sync, sehingga dapat digunakan untuk mengamankan dan menyimpan seluruh maupun sebagian data didalam komputer atau laptop kita.



Jika biasanya kita harus memindahkan secara manual file milik kita ke dalam folder Google Drive untuk melakukan sinkronisasi. Namun hal tersebut berubah dengan adanya fitur baru ini.

Selain itu, fitur Backup dan Sync juga dapat digunakan untuk memonitor dan membuat salinan foto atau gambar, mirip seperti fungsi aplikasi desktop Google Photos. Dengan begitu, kamu tidak perlu mendownload Google Photos dan Google Drive sekaligus. Cukup memasang Google Drive saja untuk mendapatkan fitus sinkronisasi dokumen dan juga foto atau gambar.

Seperti yang sudah ditulis diatas, walaupun Google Drive digunakan untuk membackup seluruh data atau file dikomputer, layanan gratis Google Drive hanya memiliki kapasitas terbatas yakni 15 GB. Untuk menambah kapasitas penyimpanan cukup dengan membayar sesuai kebutuhan.

Sekian info yang TechSigntic sajikan, semoga bisa bermanfaat untuk kamu semua~~~

Belum ada Komentar untuk "Fitur Terbaru Backup dan Sync dari Google Drive"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel