Tuesday, June 06, 2017

CorelDraw | Apa itu TypeFace?



CorelDraw | Apa itu TypeFace? - Pada beberapa desain, text adalah elemen penting yang sangat mempengaruhi tampilan visual dan pesan yang akan disampaikan. Karenanya, memilih typeface merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan dengan tepat.

Tahukah kamu, pada CorelDRAW X7, kamu diberi kebebasan untuk memilih typeface yang cocok dan sesuai dengan project yang tengah kamu kerjakan. Kamu juga bisa mengatur ukuran font dan style nya. 

Kamu dapat menggunakan jenis font OpenType untuk mendapatkan style font yang unik dan khas.  Namun perlu diingat, tidak semua font OpenType memiliki fitur advanced OpenType.

Font OpenType ditandai dengan symbol O, pada Corel Draw kamu bisa melihat nya di kiri nama font, seperti gambar dibawah.



Ngomong-ngomong, Typeface itu apa sih?

Typeface dan Font adalah dua hal yang berbeda, walaupun masih banyak orang yang menganggap keduanya adalah hal yang sama dan bahkan ada sering tertukar antara keduanya.

Mari kita bahas dulu tentang Font.
Jadi teman-teman sekalian, font adalah kumpulan dari karakter, termasuk didalamnya huruf, angka, dan simbol. Nah, font  ini merupakan variasi dari sebuah typeface.

Sehingga, bisa kita definisikan, typeface yang juga dikenal sebagai Font-Family dapat dibentuk menjadi beberapa  font  yang memiliki kemiripan dalam desain dan karakternya.
Jadi bisa dibilang, typeface itu terdiri dari beberapa  font.

Typeface Font
Times New Roman Times New Roman Normal
Helvetica Neue Helvetica Neue Bold-Italic
Bebas Neue Bebas Neue Bold


Typeface hadir dalam bentuk dan ukuran yang berbeda, dan tiap-tiap jenisnya memiliki karakteristik yang unik.

Kenapa menjadi sangat penting untuk memilih typeface yang tepat?
Sama halnya dengan font, jika kamu akan membuat poster, sebaiknya jangan menggunakan typeface yang sukar dibaca.

Selain itu, menggunakan typeface yang salah bisa merusak suasana atau tema poster yang kamu desain.

Misalnya kamu akan membuat poster bertema teknologi, akan lebih cocok jika typeface yang kamu gunakan adalah Bebas atau Nexa dibandingkan jika kamu menggunakan typeface Gabriola




Pada CorelDraw X7 beberapa font OpenType memiliki fitur-fitur typeface yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, seperti contextual, stylistic, alternates, fractions, ligatures, ordinals, ornaments, small caps, swashes dan lainnya.

Fractions: Membuat format penulisan pecahan sepertii ½, ¾ dan lainnya

Ligatures: Karakter yang ditulis secara menyambung

Ordinals: digunakan pada penanggalan dalam Bahasa Inggris yang berarti ke…
Cotohnya first atau Pertama, second atau kedua. Nah, pada typeface akan ditulis menjadi 1st, 2nd, dst..

Ornaments: Font yang menampilkan karakter dekorasi yang bisa diterapkan sebagai typeface.


GIMANA SIH CARANYA MENERAPKAN TYPEFACE DENGAN MENGGUNAKAN FONT OPENTYPE?

Mau tau? YUK! Mari kita memulai untuk mencoba beberapa tipografi menggunakan font OpenType di CorelDraw.

Pertama, Buka lembar kerja CorelDRAW X7, lalu ketikkan sebuah kata, misalnya TECHSIGNTIC.
Rubah font kata tersebut menjadi font OpenType. (Perlu diingat bahwa tidak semua font OpenType memiliki fitur Advanced OpenType).
Kita bisa mencoba memulai dengan font Gabriola.
Lalu, jika  docker Text Properties belum muncul, kamu dapat memunculkannya dengan klik menu Window > Docker > Text Properties.

Sekarang Text Properties telah muncul, kamu bisa melihat pada bagian bawah ada simbol-simbol. Nah, simbol ini adalah karakter  typeface teks yang tersedia.

Jika font OpenType yang kamu gunakan memiliki typeface tertentu, maka simbol akan bewarna abu-abu gelap. Jika tidak, maka warna simbolnya akan menjadi abu-abu terang.




kamu bisa memilih  tipe typeface dengan meng-klik salah satu simbol aktif (bewarna abu-abu gelap) seperti gambar diatas.

Cara lainnya,
Kembali pada kata TECHSIGNTIC yang telah kita buat tadi, blok atau seleksi kata tersebut, lalu klik ikon Interactive OpenType pada property bar.



Jika ikon Interactive OpenType telah aktif, maka pada kata TECHSIGNTIC yang telah kita seleksi tadi akan muncul sebuah segitiga terbalik di bagian bawah.



Klik segitiga tersebut, maka akan terbuka daftar pilihan Interactive OpenType yang disarankan dan tersedia pada  font yang telah kamu pilih tadi.

Arahkan kursor mouse kepada pilihan-pilihan tersebut untuk melihat pre-view teks.
 

Itu tadi cara menggunakan typeface pada CorelDRAW X7.

Sebelum kamu pergi, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu jadikan perimbangan dalam memilih typeface, bisa kamu ikuti bisa juga gak, hehe…
  1. Yup, seperti yang sudah dikatakan diawal artikel ini, Pilihlah typeface yang pas dan sesuai dengan tema desain mu. Apakah desain mu bernuansa ceria dan playful atau professional dan elegan?

  2. Pilihlah typeface yang sesuai dengan hasil akhir dari desain mu, apakah akan dicetak menjadi banner, koran, atau diampilkan pada website

  3. Lebih sedikit typeface yang kamu gunakan dalam satu proyek desain, semakin bagus hasilnya. Biasanya para desainer profesional tidak menggunakan lebih dari tiga jenis typeface dalam satu dokumen desain.

  4. Pastikan bahwa typeface yang kamu pilih adalah jenis yang mudah dibaca

  5. Jika kamu memiliki proyek desain yang mengharuskan kamu untuk membuat dokumen dalam berbagai bahasa, pastikan typeface yang kamu gunakan mendukung huruf-huruf bahasa tersebut.
Semoga bisa menambah pengetahuan kita semua dan tentunya bermanfaat untuk kamu. Silahkan komentar jika ingin menanyakan sesuatu atau sekedar say hai ke Saya yang imut ini.
Seeyaa ^^


EmoticonEmoticon