Saturday, June 24, 2017

Gaya Desain Skeumorphism, Lihat Positif dan Negatifnya!

Tags

https://www.behance.net/gallery/17905661/Amazing-iOS-icons
Created by Yalantis Mobile

Gaya Desain Skeumorphism - Pernahkah kamu mendengar kata desain ‘Skeumorphism’? Bagi kamu yang masih awam dengan dunia desain pastinya kurang begitu familiar dengan kata ini, jujur saja, saya yang sudah lama belajar desain saja baru dengar kemarin-kemarin. Walaupun pernah melihat desain ini tetapi tidak tahu apa namanya, ibarat pernah ketemu seseorang tetapi nggatau namanya XD hehe..

Nah, dari ketidaktahuan itu, saya berkeinginan untuk membuat artikel tentang desain ‘Skeumorphism’ agar kamu juga mengenal dan juga memahami jenis tren yang satu ini. Pada postingan TechSigntic sebelumnya sudah pernah disinggung tetapi hanya sekilas. Sekarang waktunya mengenal lebih dalam, yuk disimak ^_^

Skeuomorphism namanya terdengar aneh dan sulit dibaca ya, betul tidak? Hehe...

Dalam konteks desain antarmuka digital, skeuomorphism adalah elemen yang terlihat seperti benda dunia nyata. Tekstur kayu, kertas robek dan pita yang dijahit adalah contoh skeuomorphism

Ada banyak yang mengemukakan pendapatnya mengenai Skeuomorphism, seperti apakah skeuomorphism menambah atau mengurangi kegunaan? Apakah sesuai tujuan atau benar-benar tidak berguna? Pertanyaan-pertanyaan semacam itu banyak dilontarkan dari sebagian orang.



Saat Ini

Perusahaan Apple memiliki pengaruh dalam lonjakan gaya desain skeuomorphism baru-baru ini. Aplikasinya seperti Calendar, Find My Friends dan iBooks menggunakan fitur desain skeuomorphism dan biasanya akan berdampak pada desain aplikasi lainnya dipasaran.

Tidak hanya pada aplikasi saja, gaya desain ini sudah banyak di situs web dan dalam desain antarmuka pengguna (User Interface).

https://arstechnica.com/apple/2013/03/bump-your-stalking-skills-with-custom-geofences-in-apples-find-my-friends/


Ketika style desain menjadi populer, hal tersebut semakin dieksploitasi atau dikembangkan. Style tersebut akan terlalu sering digunakan dan disalahgunakan, ini menyebabkan gaya secara keseluruhan bisa kehilangan keefektifannya. Untuk itu mari kita lihat positif dan negatifnya dari gaya skeuomorphism ini.



Positif

Gaya desain skeuomorphism ini membuat kita lebih akrab dengan antarmuka. Berinteraksi dengan elemen yang nyata dapat membantu pengguna merasa lebih nyaman. Padahal biasanya pengguna tidak sepenuhnya nyaman dengan menggunakan teknologi modern.

Perlu diingat bahwa Apple sangat piawai dalam menargetkan hal ini khususnya pada kelompok pengguna yang lebih tua dan kurang berpengalaman. Masuk akal jika dengan cara membuat aplikasi kalender terlihat seperti kalender yang sebenarnya atau nyata.
http://learningworksforkids.com/apps/ical/

Dengan begitu, perlu adanya pertimbangan-pertimbangan pada audiens untuk target perancangan aplikasi atau situs web baru. Pertimbangkan apakah audiens memiliki banyak pengalaman dengan platform yang kita gunakan dan apakah akan membantu mereka jika kita menggunakan elemen skeuomorphism.

Aspek positif lainnya adalah kemampuan untuk menyampaikan atau membangkitkan emosi tertentu. Dengan meniru bagaimana objek dunia nyata terlihat, elemen digital juga bisa menyulap sifat lain dari objek tersebut.

Misalnya, tekstur kertas dapat merangsang ingatan tentang bagaimana bentuk dari kertas itu. Contoh lain, objek yang seolah-olah seperti bentuk tombol mewakili bahwa objek tersebut dapat di tekan atau diklik.

Sebenarnya, skeuomorphism adalah cara yang baik untuk mengkomunikasikan tema situs web atau aplikasi Anda secara cepat dan jelas.




Negatif

Sebelumnya disebutkan bahwa antarmuka skeuomorphism dapat meningkatkan kegunaan dengan memanfaatkan elemen yang sudah orang kenal. Meski hal tersebut benar, itu juga memiliki efek sebaliknya yang membuat orang bingung jika tidak dilakukan dengan benar. Ketika pengguna menemukan elemen yang menyerupai sesuatu yang mereka kenal didunia nyata, mereka juga akan mengharapkan berperilaku dengan cara yang sama pula.
Antarmuka Skeuomorphism terkadang menghambat penggunaan, menggunakan gaya ini tidak selalu efisien bagi aplikasi atau situs web kamu.
Menghabiskan space layout secara berlebihan, gaya desain Skeuomorphism yang memiliki efek yang berlebihan pada dasarnya hanya membuang-buang tempat pada layar bagi beberapa pengguna, terutama bagi pengguna ponsel dengan layar kecil.



Bukan jalan satu-satunya

Gaya desain Skeuomorphism mungkin populer saat ini, tetapi ini juga bukan satu-satunya cara untuk menciptakan suatu tampilan yang ‘wah’ dan mengesankan. Aplikasi iPhone yang populer adalah to do Clear, menggunakan antarmuka yang sangat sederhana dan minimalis. Desain ini yang membedakan dari banyaknya aplikasi lainnya yang menampilkan tekstur notepad, kotak centang, dan elemen skeuomorphism lainnya.
https://www.macrumors.com/2012/02/14/clear-to-do-app-launches-on-the-app-store/


Sedangkan versi terbaru dari sistem operasi Microsoft, Windows 10, menampilkan gaya desain antarmuka yang tajam, solid dan sederhana yang dikenal dengan 'Metro'. Dari sini kita melihat bahwa Microsoft memutuskan untuk berbeda jalur dengan Apple.
Windows 10

 

 

Kesimpulan

Gaya desain Skeuomorphism nampaknya cukup populer saat ini, namun popularitas ini akan berkurang seiring berjalannya waktu. Banyak perikiraan orang tentang gaya ini akan turun ke selera pribadi, tidak untuk semua orang. Kemungkinan pengguna yang sudah berpengalaman menganggap Skeuomorphism tidak perlu, sementara pengguna yang awam mungkin lebih menganggapnya atau menghargainya.

Nah, kita telah tahu bahwa Skeuomorphism memiliki sisi positif dan negatif, dan juga perlu mempertimbangkannya sebelum menerapkan jenis gaya ini dalam desain antarmuka.


EmoticonEmoticon