8 Tips Membuat Desain Poster dengan Sempurna


8 Tips Membuat Desain Poster Sempurna - Siapa disini yang belum pernah melihat poster? Saya yakin pasti tidak ada yang menjawab belum pernah, bagaimana tidak? Poster sering dipasang disetiap jalan atau tempat-tempat keramaian. Dan juga hampir setiap orang mendesain sebuah poster di beberapa titik keramaian. Entah itu untuk promosi diri atau untuk klien, poster bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk mempresentasikan pesan, rasa dan melakukan beberapa hal menarik dengan desain.

Desain poster dimulai dengan kanvas umum. Ukuran poster indonesia berukuran 42 cm x 59,4 cm (Besar A2), 32 cm x 48 cm (Sedang A3+), 29,7 cm x 42 cm (Sedang A3), dan 21 cm x 29,7 cm (Kecil A4). Poster dapat didesain secara vertikal atau horizontal, namun paling sering didesain dengan orientasi vertikal. Pada postingan TechSigntic kali ini kita akan membahas sepuluh tips berguna untuk membuat desain postermu agar lebih baik. Kuy!

1. Mudah dibaca dari Jarak Jauh

Designed by Reychelle Ann Mendoza

Tujuan utama poster pada umumnya untuk memberitahu seseorang untuk datang ke sebuah acara atau hanya sekedar memberikan informasi. Informasi penting harus mudah dibaca dari jarak jauh hingga menarik orang untuk melihat poster lebih dekat.

Untuk desain poster memiliki tiga lapisan yang berbeda:
a. Headline
Ini adalah elemen teks utama (Terbesar) dalam desain. Memilih jenis huruf yang mudah dibaca, yang menarik dan menuntut perhatian.

b. Rincian
Apa, kapan, dimana? Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini di tingkat kedua teks. Informasi apa yang seseorang butuhkan untuk melakukan apa yang diminta oleh postermu? Berikan informasi di sini secara ringkas. Sedangkan untuk ukuran ada dua pilihan, jatuhkan ukuran menjadi sekitar setengah dari teks utama untuk hirarki yang sangat jelas atau terus gunakan ukuran yang lebih besar dan gunakan teknik lain agar kontras dengan headline.

c. Kredit
Semacam pengenalan diri, biasanya logo si pembuat serta sponsor (jika ada). Buat agar terlihat kecil tetapi masih kelihatan.

2. Kontras itu penting

Designed by Kim Tomacruz

Sekilas kamu dapat menarik perhatian seseorang dengan sebuah poster. Kontras yang tinggi antara elemen teks dengan background dapat membantumu menarik perhatian orang lain. Jangan gunakan palet warna yang monoton dengan gradien pucat, pilihlah warna yang berani.

Desain poster adalah hal yang tepat untuk mencoba tipografi atau palet warna yang mungkin terlalu "gila" untuk proyek lain. Bereksperimenlah dengan itu, Kreatiflah dengan itu, dan Berinovasilah dengan itu.

Pikirkan juga background warna yang besar/full. Sering kali desainer membuat poster mulai dengan lembar kerja putih. Gunakan background warna yang tinggi untuk membuat postermu menonjol dari yang lainnya asal tidak terlalu mencolok atau membuat sakit mata.

3. Pertimbangkan Lokasi


Mengetahui dimana desainmu akan dipasang. Tidak hanya kontras visual yang penting dalam desainmu, ini juga merupakan faktor eksternal yang penting. Anggap saja begini: Jika postermu dipasang di dinding hijau, mungkin kamu ingin menggunakan skema warna yang kontras.

4. Buat Versi Mini

Designed by Sarah Duran

Paling utama dari poster adalah versi cetaknya, namun demikian buatlah versi mini yang bisa digunakan di tempat lain juga seperti sosial media. Ingat salah satu prinsip dasar pemasaran, seseorang perlu melihat sesuatu 20 kali untuk mengingatnya. Beberapa versi poster dapat membantumu mencapai hal itu.
• Kecilkan gambar yang bisa dibagi di media sosial.
• Buatlah kartu pos atau ukuran huruf untuk diserahkan.
• Pertimbangkan untuk membuat halaman header atau awal "versi poster" untuk situs webmu.
• Buat versi yang bisa dikirim via email.

5. Gunakan Visual yang Besar

Designed by Kim Tomacruz 

Pilihlah foto, teks, atau gambar yang dominan lebih besar, itulah kuncinya agar dapat dibaca dari kejauhan. Jika ingin mencampurkan teks utama dengan gambar yang sama-sama diberi ukuran yang besar, keduanya harus kontras agar mudah dibaca dan dideskripsikan melalui mata.

6. Gunakan Banyak Ruang

Gunakan jarak antar elemen yang dilebih-lebihkan. Ini mungkin terlihat sedikit aneh dan lucu untukmu pada awalnya, tapi jarak ekstra antar elemen dengan batas kertas secara dramatis akan meningkatkan dampak visual dan keterbacaan pada jarak jauh.

Ada beberapa tempat di mana ruang ekstra bisa memberi sesuatu yang ajaib dalam desain poster:
• Antara huruf-huruf individual. Kerning (jarak antara huruf atau karakter dalam teks yang akan dicetak) yang ketat dapat menyebabkan huruf yang tidak jelas pada jarak jauh.
• Di antara baris teks.
• Di sekitar lembar kerja margin interior.
• Antara unsur-unsur dari berbagai jenis, seperti gambar dan teks.
• Sekitar elemen terpenting dalam desain. 

7. Fokus dengan Tipografi

 Designed by Quim Marin

Desain poster adalah salah satu tempat di mana kamu benar-benar bisa out of the box dengan tipografi yang indah. Beberapa poster terbaik dibuat dengan tipe dan warna, tanpa gambar atau ilustrasi.

Simpanlah prinsip tipografi yang sama dengan pikiran bahwa ini bukan waktunya untuk menggunakan 10 font di satu tempat. Tapi cobalah bereksperimen dengan tipografi yang lebih berani, lebih lebar, lebih besar sehingga Kamu mungkin merasa nyaman.

Atur nada teks dan gunakan jenis yang menyampaikan suasana hati yang sesuai untuk acara tersebut. Kamu mungkin akan menganggap ini tantangan pada awalnya, tapi ini bisa menjadi latihan yang cukup fresh.

8. Bersenang-senanglah


Desain poster adalah tempat dimana desainer bisa bersenang-senang. Meskipun ada banyak hal yang perlu dipikirkan dan dipertimbangkan, ini adalah area di mana kamu bisa melanggar peraturan dan sedikit gila dengan desain.

Jadi cobalah untuk itu. Cobalah sesuatu yang ingin kamu lakukan atau gunakan kesempatan untuk mempelajari teknik atau keterampilan baru. Lebarkan imajinasimu untuk menciptakan sesuatu yang baru dan segar. Tujuan dari sebuah poster adalah untuk menarik perhatian dari jauh, jadilah orang yang kreatif.

Kesimpulan

Poster adalah bentuk promosi yang hebat dan dapat  membantu mengekspos massa ke pesan, bisnis atau klienmu.

Itulah 8 Tips Membuat Desain Poster Sempurna  yang disusun oleh TechSigntic, semoga bisa menginspirasi dan dengan tips ini kita dapat membuat poster sesuai dengan keinginan. Tunggu postingan selanjutnya ^^

NB: Gambar diatas diambil dari Behance.net dan Canva, klik pada nama desainer untuk melihat portfolio mereka. 

1 Komentar untuk "8 Tips Membuat Desain Poster dengan Sempurna"

  1. This is likewise one noteworthy explanation for their steadily expanding prominence for their customers now have the favorable position and adaptability of utilizing an assortment of document sorts including Post Script, PDF, PPML, EPS, PDF and furthermore straightforward JPEG records and can send additionally send them for prompt printing for speedy conveyances.
    cheap55printing.com cheapest postcards printing

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel