Saturday, May 06, 2017

50++ Situs Sumber Inspirasi Desain

Tags

Situs Sumber Inspirasi Desain

50++ Situs Sumber Inspirasi Desain - Apakah kamu ingin mencari sumber inspirasi desain tetapi tidak tahu situs-situsnya?

Kamu ingin memulai sebuah proyek desain tetapi tidak ada inspirasi yang membangkitkan semangat?
Yap, saya disini ingin membagikan beberapa sumber yang menurut saya bagus untuk kamu jadikan inspirasi.

Apa sih yang membuat desain itu bagus, keren, menarik? Apakah karena gambarnya yang bagus? Tidak hanya gambar, desain tersebut akan terlihat keren, bagus, menarik jika kamu memadukan beberapa aspek seperti warna, gambar, ikon, tekstur/pattern, background, vektor, illustration, font dan lainnya.

Kok ribet ya? Mengerjakan proyek desain akan terlihat ribet jika kita belum mencobanya, asal senang dan mood sedang dalam keadaan baik, pasti mengerjakan proyek desain akan terlihat seru dan menyenangkan.

Nah, disinilah TechSigntic akan membagikan beberapa sumber inspirasi. Catat dan jika perlu di bookmark ya agar tidak lupa :D hehe

1.    Inspirasi Warna
Inspirasi Warna

Disini terdapat banyak sekali macam-macam warna yang bisa kamu gunakan, dari beberapa situs dibawah, masing-masing memiliki cara yang berbeda untuk mencari warna yang kamu inginkan. Jika penasaran, langsung buka aja link situsnya.

1.    ColourLovers, situs ini bisa dibilang sangat terkenal, banyak tema palet warna yang disajikan. Mulai dari tema pernikahan, rumah, fashion, web, percetakan, kerajinan, dan seni digital. Jika kamu tidak ingin palet warna yang terpaku pada tema, kamu tetap bisa mencari apa saja yang kamu butuhkan di tombol pencarian.

2.    Flat UI Color Picker, dari judulnya saja terlihat bahwa situs ini dikhususkan bagi kamu yang mencari warna untuk desain Flat UI (User Interface). Berbagai warna yang sudah ditentukan dari pemilik situs ini membuat kita tidak bisa membuat warna sendiri, kita hanya bisa menentukan warna apa saja yang akan kita pakai untuk desain UI (User Interface) kita.

3.    Material Palette, situs ini cukup bagus untuk kamu yang ingin memadukan 2 warna yang berbeda, warna yang ditampilkan adalah warna-warna yang terpilih. Jika kalian sudah menentukan 2 warna tersebut, maka dibawahnya akan muncul preview serta warna-warna (warna primer, warna ikon, warna pemisah, warna sekunder, warna aksen dan lainnya) yang disarankan oleh Material Palette. Kamu juga bisa mendownload palet tersebut jika kamu menginginkannya.

4.    BrandColors, untuk situs yang satu ini dikhususkan bagi kamu yang mencari warna yang digunakan brand terkenal seperti Adobe, Android, Behance, Coca-Cola, Flickr, Instagram, iOS, Microsoft dan masih banyak lagi. Cara pemakaiannya juga mudah tinggal klik warna yang ingin anda gunakan, secara otomatis akan ter-copy di clipboard.

5.    ColRD, situs ini hampir mirip dengan Pinterest. Jadi para member ColRD mengupload sebuah gambar disertai palette yang mereka gunakan, gambarnya pun bagus-bagus. Disitu terdapat pilihan warna, gradient, palette, pattern, dan gambar yang akan kamu pilih.

6.    Color Hailpixel, situs ini juga bisa kamu gunakan di iPhone, kamu bisa download aplikasinya. Untuk menggunakan fitur situs ini cukup unik karna kita yang akan memilih sendiri warna yang sesuai selera kita dengan menggerakan pointer mouse dilayar. Boleh dicoba jika penasaran cara kerjanya.

7.    Coolors, situs ini juga sama seperti Color Hailpixel yang bisa kamu download dan gunakan di iPhone. Penggunaannya dengan menekan Spacebar untuk mencari warna yang cocok dan jika ada yang cocok, bisa kamu klik lock. Tidak hanya fitur lock saja, tetapi kamu bisa menukar posisi, memilih shading dari terang ke gelap, atau bisa juga kamu mengatur warna dengan mengubah Hue, Saturation, dan Brightness. Wow keren bukan?

8.    TinEye Labs, situs ini ada 2 bagian, bagian pertama bisa kamu cari sendiri sekitar 20 juta gambar kreatif dari Flickr dengan menentukan warna sendiri. Kamu bisa memilih sampai 5 warna yang berbeda dan akan muncul banyak gambar yang berbeda, tentunya sesuai warna yang tadi kita pilih. Kemudian bagian kedua, kamu bisa mengupload gambarmu sendiri dan hasilnya akan tampil warna-warna yang digunakan pada gambar yang kamu upload tadi. Menarik!

Baca Juga : 

2.    Inspirasi Gambar
Inspirasi Gambar

Saat ingin mendesain, kita pun butuh yang namanya referensi dari orang lain. Kenapa? Karena dari orang lain kita bisa berkembang dengan berinovasi sendiri. Situs-situs berikut menampilkan desain yang indah untuk dilihat.

1.    Designspiration, di situs ini bisa kamu cari gambar atau desain yang kamu inginkan. Tampilan dan navigasinya sangat simpel.

2.    Logopond, situs ini dikhususkan bagi kamu yang ingin mencari inspirasi logo. Disini menampilkan beberapa desain logo terbaik.

3.    Niice.co, pada halaman pertama langsung di tampilkan banyak gambar dan desain secara campur. Kamu juga bisa mencari di tombol pencarian secara spesifik gambar maupun desain yang kamu inginkan.

4.    Typespiration, situs ini khusus kamu yang mencari inspirasi apapun tentang Tipografi. Kamu juga bisa mencari kombinasi font web yang inspiratif.

5.    Behance, situs ini sangat terkenal akan portofolionya yang terbuka untuk semua. Behance memiliki banyak materi inspirasi yang bisa diakses, dicari dan dieksplorasi. Situs ini tempatnya orang-orang kreatif khususnya dibidang grafis.

6.    Dribbble, situs ini sangat cocok untuk para designer yang ingin mengupload karyanya sebagai portofolio. Salah satu syarat mendaftarnya pun harus mengirimkan 1 karya terbaik kita agar nantinya bisa diterima. Situs ini sangat terkenal bagi para desainer profesional. Dan juga situs ini hampir sama dengan Behance.

7.    Awwwards, situs ini menampilkan dan penghargaan desainer web yang paling inovatif dan berbakat di industri.

8.    Twibfy, halaman awalnya saja sudah terlihat luar biasa dan keren karya-karya para desainer. Mulai dari gambar, tipografi, logo, ilustrasi, vektor dan masih banyak yang bisa kamu cari sesuai kebutuhan.


3.    Icons
Icons

Desain pun membutuhkan yang namanya ikon untuk mempercantik bahkan mempermudah dalam mendesain tanpa membuat vektor. Berikut situs terbaik yang menyediakan ikon-ikon.

1.    Dbfreebies.co, situs ini gabungan dari dribbble dan behance yang menyajikan ikon terbaik, tentunya gratis.

2.    Flaticon, situs ini dibuat oleh freepik, kelihatan dari tampilannya tidak asing. Situs ini menyediakan ratusan ribu ikon vektor dengan berbagai format. Ikon yang ditawarkan gratis dan ada juga yang premium (berbayar).

3.    GraphicBurger, situs ini tidak kalah bagusnya dari pesaingnya, situs ini adopsi dari envato. GraphicBurger menawarkan berbagai macam ikon yang unik untuk kamu.

4.    Captain Icon, situs ini menyediakan 350 lebih ikon gratis yang bisa kamu gunakan untuk pribadi maupun komersial. Web ini juga unik cara penyajiannya.

5.    Medialoot, situs dengan ribuan ikon gratis dan berbayar.

6.    Iconfinder, situs yang menyediakan lebih dari setengah juta ikon dengan berbagai banyak jenis.

7.    Iconmonstr, situs ini menyediakan ikon flat tanpa atribusi. Kualitas juga tidak kalah dengan yang lain.

8.    Canva, situs yang menawarkan ikon gratis untuk desainmu. Dan juga tidak perlu atribusi.


4.    Texture dan Patterns
Texture dan Patterns
Tak dapat dipungkiri beberapa desain membutuhkan tekstur/pattern agar tampak lebih bagus. Berikut situs-situs yang menyediakan itu semua.

1.    Brusheezy, situs ini menyediakan tekstur dan pattern secara gratis.

2.    Subtle Patterns, seperti artinya yaitu pattern halus, pattern yang disajikan hampir tidak terlihat saking halusnya.

3.    Texturemate, situs yang menampilkan tekstur batu bata, besi, kulit kayu, dan semua yang kamu butuhkan untuk membuat background yang dinamis.

4.    CG Textures, situs ini dibuat dengan banyak kategori agar mudah dicari.

5.    TextureLib, situs ini sama seperti CG Textures tetapi tidak ada tombol pencarian, jadi mau tidak mau harus sesuai kategori yang tersedia.

6.    Pattern Library, walaupun situs ini tidak ada tombol pencarian tetapi tampilannya unik baik navigasi maupun mencari pattern. Pattern yang ditampilkan indah, warna-warni dan berkualitas tinggi.

7.    Pattern Cooler, jika kamu membutuhkan pattern yang mulus untuk desainmu, maka situs ini cocok untuk kamu.

8.    DinPattern, tersedia berbagai macam pattern untuk desainmu.


5.    Backgrounds
Backgrounds

Untuk apa sih background? Untuk membuat desainmu lebih indah, tak ada background seperti ada yang kurang dalam desain. Yuk simak situs yang menyediakan background gratis maupun berbayar.

1.    Pixabay, situs ini menyediakan banyak background fotografi yang berkualitas dan tentunya bagus.

2.    Freepik, disini kamu akan menemukan ribuan background dan akan terus bertambah secara gratis.

3.    Vecteezy, situs ini menyediakan background-background keren secara gratis dan ada juga yang berbayar (premium).

4.    Behance, situs yang menyediakan background polygon yang keren untuk desainmu.

5.    Design Shock, situs yang menyediakan background geometrik yang keren untuk desainmu. Download gratis jika untuk personal dan berbayar jika untuk dikomersialkan.

6.    Free PSD Files, situs ini menyediakan banyak sekali background yang unik dan keren secara gratis.

7.    Vector BG, kamu bisa mencari background abstrak dan bisnis untuk projekmu disini.

8.    Vector.Me, situs yang menyediakan background warna-warni yang keren, cocok untuk kamu yang suka perpaduan warna.


6.    Vectors dan Illustrations
Vectors dan Illustrations

Kata “Vector” dan “Ilustrasi” tidak asing lagi ditelinga kita. Saat mendesain di aplikasi seperti CorelDraw ataupun Adobe Illustrator, otomatis kita sedang membuat vektor yang jika gambar tersebut diperbesar, maka gambarnya tidak akan pecah. Jika anda ingin mencari inspirasi vektor, mungkin bisa berkunjung ke situs berikut.

1.    Freepik, situs ini sangat laris, kenapa bisa begitu? Sudah 1 miliar lebih file didownload. Situs ini bisa dibilang sangat populer dan benar-benar disediakan secara gratis (tetapi memerlukan atribusi). Freepik juga menawarkan grafis yang berbayar.

2.    Pixelbuddha, situs ini juga menyediakan vektor gratis tetapi tidak banyak yang mereka sediakan.

3.    Free Vector Map, bagi kamu yang membutuhkan peta dalam bentuk vektor, disinilah tempatnya dan disediakan gratis untuk kamu.

4.    FreeVectors.net, situs yang menyukai seni vektor dan grafis secara gratis. Disediakan untuk kamu yang membutuhkan.

5.    Vector4free, bagi kamu yang membutuhkan background, ikon, atau grafis lainnya bisa kunjungi situs ini.

6.    Free Vector Archive, situs kumpulan arsip yang berisi vektor dan elemen desain grafis secara gratis. Tersedia juga 4 format seperti eps, ai, svg, dan jpg/png/tiff.

7.    Vecteezy, situs ini menyediakan vektor gratis untuk personal maupun komersial tetapi tetap memerlukan atribusi.

8.    Vexels, situs yang menyediakan vektor termasuk infografis, barcode, background dan lainnya. Vektor yang disediakan berkualitas dan tidak kalah dengan pesaingnya.


7.    Fonts
Fonts

Desain tidak lengkap tanpa adanya font, font melengkapi keindahan desain itu sendiri. Berbagai jenis font kita pilih agar terlihat amazing. Lalu bagaimana cara mendapatkan font-font yang bagus? Cek situs berikut.

1.    Font Squirrel, di situs ini kamu bisa memilih font sendiri. Dan font yang disediakan semuanya gratis untuk penggunaan komersial. Wow baik banget!

2.    Dafont, sama seperti Font Squirrel, di situs ini kamu juga bisa menggunakan font dengan gratis.

3.    Font Space, lebih dari 31.000 font gratis yang dibagikan oleh para desainer diseluruh dunia, kamu tinggal mencari sesuai kebutuhan.

4.    KevinAndAmanda, situs ini cocok untuk kamu yang suka tulisan tangan lucu dan unik, biasanya kaum wanita lebih dominan menyukai font yang seperti ini.

5.    FreebiesBug, situs ini mengumpulkan daftar font gratis dari seluruh web/situs.

6.    Creative Market, situs ini berbayar jika ingin memiliki font didalamnya tetapi font yang ditawarkan sangat berkualitas dan juga kamu bisa mendapatkan diskon untuk setiap pembelian.

7.    Simply The Best, kamu bisa cari font sesuai kategori disana, seperti font kartun, grafiti, modern, serif dan masih banyak lainnya.

8.    MediaLoot, di situs ini kamu akan menemukan berbagai macam font gratis dan premium (berbayar).

Mungkin sampai disini dulu artikel 50++ Situs Sumber Inspirasi Desain persembahan TechSigntic untuk kamu-kamu semua. Dari apa yang sudah saya sampaikan diatas mungkin masih banyak situs lainnya.

Situs-situs yang saya paparkan diatas adalah situs-situs recommended dari saya. Semoga dari apa yang disampaikan tadi dapat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan. Desain itu keren, untuk menjadi keren butuh usaha yang keren juga ^.^v


EmoticonEmoticon