Saturday, May 27, 2017

Memulai Freelance di FIVERR

Tags

Memulai Freelance di FIVERR - Kamu mahasiswa yang ingin memiliki penghasilan namun tidak ingin terikat kontrak kerja karena ingin tetap fokus dengan kuliahmu?

Jika iya, kenapa tidak mencoba menjadi freelancer?

Techsigntic menemukan bahawa saat ini banyak situs website yang memudahkan kamu untuk mencari orderan job, baik itu website luar negeri maupun website dalam negeri. tidak berbatas mencari job lewat website, kamu juga bisa membuka jasa freelancer di lingkungan kampus mu.

Seperti menerima jasa menerjemahkan abstrak  atau artikel publikasi berbahasa asing jika kamu cukup yakin dengan kemampuan Bahasa Inggris mu.

Atau jasa pembuatan desain poster dan desain grafis lainnya, jika kamu cukup mahir dengan aplikasi desain digital seperti Adobe Illustrator atau CorelDraw.

Selalu ada jalan jika kamu berusaha menemukan jalan itu.

Namun, jika kamu ingin memperluas pasar, tak ada salahnya untuk mencoba Fiverr. Sebuah website yang mempertemukan freelancer dan pembeli. Walau website ini masih terbilang baru, namun sudah memiliki pasar yang cukup luas.

Untuk memulai membuat akun sebagai penjual, kamu bisa membuka situsnya secara langsung, dan tak perlu khawatir, karena pendaftaran akun tidak memungut biaya apapun dan terbilang cukup mudah.

APA YANG BISA KAMU JUAL?

Kamu bisa menawarkan jasa maupun produk apapun. Kreatif lah! kamu bisa menawarkan jasa apapun selagi itu legal dan tidak melanggar hukum dunia maupun akhirat XD. dan tentu saja harus sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Fiverr.

Ada banyak kategori yang bisa kamu pilih, sekitar seratusan, hmm... pasti ada hal yang sangat kamu senangi dan kuasai dari seratus kategori tersebut :D




BERAPA HARGA JASA ATAU PRODUK YANG KAMU JUAL?

Untuk rentang harga, kamu bisa mematok harga dari $5 sampai hampir $1000, sesuai kualitas yang kamu tawarkan. 

Jangan lupa untuk mengigat bahwa besarnya uang yang akan kamu terima adalah 80% dari harga yang dibayarkan kepadamu oleh pembeli. 20% akan menjadi milik Fiverr.

Kamu bisa menerima banyak order dalam satu waktu sesukamu, sebanyak apapun yang kamu mau. Namun cobalah untuk realistis karena jika kamu tidak bisa menyelesaikan proyek dalam waktu yang ditentukan, tentu client mu akan kecewa, dan bisa saja reputasi mu menjadi buruk.

Perlu diingat bahwa ada tingkatan bagi setiap penjual di Fiverr. semakin tinggi tingkat mu, maka semakin terpercaya kamu. Semakin kamu dipercaya, tentu semakin banyak yang memilih kamu untuk mengerjakan proyek yang mereka tawarkan.

Selain itu, ada beberapa fitur yang hanya tersedia bagi Penjual atau Seller dengan tingkatan tertentu.
Tingkatan penjual di Fiverr antara lain: New Seller, Level 1 Seller, Level 2 Seller, dan Top Rated Seller.

Seller atau penjual hanya dibolehkan untuk mengepost banyaknya Gig aktif sesuai dengan status level mereka
  • 7 Gig untuk Seller tanpa level status (New Seller-penjual baru)
  • 15 Gig untuk penjual Level 1.
  • 20 Gig untuk penjual Level 2.
  • 30 Gig untuk penjual Top Rated.
Walau terkesan mudah untuk mendapatkan penghasilan melalui Fiverr, kamu tetap harus berusaha keras, apalagi jika kamu baru memulai membuat akun Fiverr. Ada banyak hal yang harus kamu pelajari seperti selera pasar atau berapa harga yang pas dengan jasa atau produk yang kamu tawarkan.


BAGAIMANA KAMU BISA MENERIMA PEMBAYARAN?


Saat kamu menyelesaikan order dari klien, dan klien sudah merasa puas dengan hasil kerjamu, uangnya akan ditransfer ke akun Fiverr milik mu. Kamu tidak perlu mengejar-ngejar klien untuk melakukan pembayaran, karena Fiverr sudah mengaturnya untuk mu.

Kamu bisa menggunakan akun paypal atau payoneer untuk melakukan penarikan tunai atau mentransfer uang yang telah kamu hasilkan ke akun bank milikmu.

BONUS...

ISTILAH-ISTILAH  di FIVERR

Gigs® adalah servis, jasa, yang kamu tawarkan di Fiverr

Sellers adalah kamu yang menawarkan jasa dan servis melalui Gigs di Fiverr

Buyers adalah kamu yang membeli servis atau jasa di Fiverr

Gig Page adalah halaman dimana kamu bisa menjelaskan Gig dan disini juga Buyer bisa melakukan order 

Gig Extras adalah servis extra yang kamu tawarkan dengan harga extra pula

Gig Multiples adalah jumlah tambahan untuk order unik yang bisa kamu tawarkan ke client

Gig Packages memberikan keleluasaan bagi Seller untuk membuat format penjualan produk dengan format yang bisa kamu buat sendiri, sehingga kamu bisa menjual produk diatas harga normal ($5)

Custom Offers adalah proposal eksklusif yang bisa kamu tawarkan kepada Buyer

Custom Orders adalah permintaan yang dibuat oleh Buyer agar Buyer bisa menerima Custom Offer dari Seller

Order adalah persetujuan formal antara Buyer dengan Seller setelah pemesanan dilakukan di Gig Page milik Seller

Order Page adalah laman dimana Buyer dan Seller bisa berkomunikasi.

Disputes adalah ketidaksepakatan yang dialami saat terjadi pesanan antara Buyer dan Seller di Fiverr.

Revenue adalah pendapatan yang dierima Seller dari order yang telah selesai dikerjakan


EmoticonEmoticon