Wednesday, May 31, 2017

22 Tips Untuk Desainer Pemula

Tags


22 Tips Untuk Desainer Pemula - Mungkin sebagian dari kita kebanyakan sudah menguasai CorelDraw dan sisanya Adobe Illustrator/Photoshop. Pastinya Kamu selalu mencari dan mempelajari tutorial secara menyeluruh. Dari situ Kamu membuat sesuatu sendiri, tetapi mungkin Kamu tidak berhasil untuk pertama kali maupun kedua kalinya membuat. Bahkan Kamu melakukannya untuk ketiga kalinya dan berpikir “Wow! Saya adalah desainer hebat dan keren!”.

Namun semua itu tidak benar, Kamu baru memulai perjalananmu yang panjang itu. Kamu masih harus banyak belajar dan memiliki banyak pengalaman sebelum menyebut dirimu seorang D.E.S.A.I.N.E.R. Banyak yang harus Kamu lakukan seperti mengatasi berbagai masalah dan menguasai berbagai hal yang berhubungan dengan desain, itu yang akan membuat dirimu menjadi desainer profesional.

Artikel ini dikhususkan untuk semua desainer "muda" yang baru (newbie) mengenal dunia desain digital dan mudah-mudahan akan menemukan tips yang bermanfaat. Nah, 22 tips ini akan membantu para desainer masa depan menghindari beberapa kesalahan umum. Langsung kita bahas satu per satu.

1. Latihan secara berkala

Ini yang harus selalu Kamu perhatikan bahwa latihan secara berkala akan membuatmu menjadi profesional. Jika ingin mengerjakan proyek, Kamu harus menguasai berbagai perangkat lunak seperti CorelDraw atau Adobe Illustrator atau Photoshop. Banyak sekali tutorial di internet dan banyak ebook gratis yang dapat Kamu lihat dan terapkan. Tutorial yang bagus adalah tutorial yang menjelaskan selangkah demi selangkah, itu akan mempermudah proses belajarmu. Kamu bisa cari yang gratis dan bagus jika rajin mencari di internet. Mulailah dengan tutorial yang paling mudah dan yang menjelaskan dasar-dasar, kemudian barulah Kamu beralih ke hal yang lebih rumit.

2. Kesabaran adalah kuncinya

Jika Kamu memulai sesuatu yang baru, pastinya akan menemukan kesalahan atau tidak sesuai harapan, ini yang seharusnya tidak membuatmu untuk berhenti. Ingatlah bahwa kualitas desain akan berubah menjadi lebih baik jika Kamu membuatnya dengan hati yang nyaman. Mempelajari sesuatu butuh waktu yang lama, maka dari itu sabar menjadi kunci utamanya. Jangan sampai menyerah jika gagal mengeksekusi, mulailah lagi dan lagi, yakinlah bahwa kesuksesan pasti akan datang.

3. Jadilah pengikut

Cobalah untuk melihat hasil karya orang lain sebanyak mungkin. Ini akan membantu Kamu mendapatkan inspirasi dan Kamu pasti akan belajar banyak dari desainer profesional dan berpengalaman lainnya. Jika Kamu sudah melihat situs web yang Kamu sukai, cobalah untuk mengikuti dengan teknik yang sama. Pada akhirnya ide akan muncul sendiri dan Kamu akan membuat situs web yang sama sekali berbeda bahkan mungkin lebih baik lagi.

4. Ikuti tapi jangan disalin

Satu hal yang pasti harus Kamu ingat adalah jangan melanggar peraturan hak cipta apapun seperti menyalin hasil karya orang lain tanpa ijin. Dan seperti yang sudah saya sebutkan diatas, Kamu bisa mendapatkan inspirasi dan mungkin menggunakan beberapa elemen umum yang dapat Kamu temukan dalam web desain manapun, namun elemen lainnya harus benar-benar milik Kamu , sebisa mungkin buatlah desain sesuai ciri khasmu dan tentunya orisinil.

5. Menganalisa

Jika Kamu menemukan sebuah situs web untuk mendapatkan inspirasi, cobalah untuk menganalisa bagaimana desain itu dibuat. Mulailah dengan menganalisa background, font apa yang digunakan, dan apa yang digunakan untuk menciptakan efek-efek tertentu. Cobalah untuk mengetahui urutan yang telah dilakukan untuk membuat sebuah desain tersebut.

6. Lihatlah dunia melalui mata seorang desainer

Cobalah untuk memvisualisasikan semua yang Kamu lihat dan menganalisisnya dari sudut pandang desainer. Ini berlaku untuk apa saja, dimulai dengan acara TV, papan reklame hingga majalah dan iklan. Kamu benar-benar dapat menemukan sesuatu yang sangat berguna dengan hanya menonton beberapa iklan di TV karena beberapa di antaranya benar-benar bagus dan bisa menambah inspirasimu.

Dalam perjalanan pun saya selalu memperhatikan papan banner yang terpasang disepanjang jalan, walaupun tidak semua bagus dan menarik tetapi itu bisa kita jadikan sebagai inspirasi dan acuan.

7. Jadikan buku harian

Maksudnya buku harian disini bukan yang biasa digunakan untuk menulis bagaimana hari-hari Kamu serta kesedihan yang dialami. Tetapi buku harian yang Kamu simpan untuk mengingat segala sesuatu yang menarik bagimu. Misal ada artikel bagus bisa Kamu bookmark/simpan sebagai pengingat atau bisa Kamu buka sewaktu-waktu untuk belajar.

8. Jika Kamu ingin menjadi seorang desainer, berbaur dengan desainer

Desainer pemula harus selalu berkomunikasi dengan desainer lain jika ada kesempatan. Jangan pernah ragu untuk meminta tips, jika mereka profesional maka mereka tidak akan menolak untuk mengajarimu. Jika tidak bisa bertemu langsung, Kamu bisa bergabung di forum online yang berbeda-beda di mana Kamu dapat menemukan desainer lain dari berbagai belahan dunia dan berkomunikasi dengan mereka, Kamu akan menyukai arus informasi yang mungkin Kamu dapatkan secara update.

9. Jadilah trendi

Agar sukses, Kamu harus berkenalan dengan tren terbaru dalam desain, jika tidak, Kamu akan kehilangan momen di mana desain tersebut sudah menjadi masa lalu dan Kamu sudah tidak menginginkannya. Sering-seringlah mencari informasi terbarunya dan jangan sampai ketinggalan.

10. Menghormati hak cipta

Jika Kamu ingin menjadi seorang desainer profesional, pastilah Kamu tidak ingin melakukan sesuatu yang tidak pantas seperti tidak menghargai hak cipta desain yang Kamu gunakan. Cara paling aman pastinya dengan membelinya dan misalkan tidak membeli pun biasanya disuruh mengkredit si pembuat (atau mencantumkan nama pembuat karya tersebut) . Nah jika Kamu tidak yakin karya tersebut memiliki lisensi, sebaiknya tidak usah menggunakannya.

11. Menguasai teorinya

Sebelum Kamu berlatih, ada baiknya Kamu terlebih dahulu mempelajari teorinya. Disitu ada beberapa aturan dasar untuk desain secara umum yang harus Kamu ketahui agar bisa terus berlanjut ke tahap selanjutnya. Begitu Kamu mendapatkan sebuah proyek, Kamu harus berbicara dengan klien dan memberinya tips untuk hasil yang lebih baik.

12. Portofolio

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan desainer muda adalah kurangnya portofolio, oleh karena itu ketika klien meminta portofolio untuk melihat karyamu, Kamu tidak dapat menunjukkan apapun. Pikirkan sebuah proyek yang ingin Kamu terapkan, kemudian buatlah. Dengan cara ini Kamu akan memiliki portofolio untuk dipamerkan dan beberapa pengalaman juga.

13. Jangan terburu-buru menentukan waktu proyekmu

Begitu Kamu berbicara dengan klien, jangan mencoba mempersingkat masa proyekmu. Kamu harus meringkas hari-hari yang Kamu perlukan untuk proyek ini dengan bijaksana dan memberi tahu bilangan real. Tambahkan satu atau dua hari sebelumnya, jika terjadi kesalahan. Jika Kamu berhasil mengakhiri proyek sebelum batas waktu yang telah ditentukan, ini akan menjadi kejutan yang sangat memuaskan bagi klien, jika tidak, saya tidak yakin dia akan benar-benar puas.

14. Desain sepanjang waktu

Cobalah untuk menjaga moodmu setiap harinya. Jangan melewatkan hari dengan kekosongan karena seperti yang sudah dibahas sebelumnya yaitu latihan secara berkala. Jika Kamu tidak memiliki proyek untuk dikerjakan, maka lakukan sesuatu sendiri. Pelajari hal-hal yang baru dari aplikasi yang Kamu gunakan, pasti akan menambah pengetahuan dan membantu proyek masa depanmu.

15. Jangan takut kritik

Inilah hal yang paling sulit diatasi saat desainer sedang berjuang. Begitu Kamu mendapatkan komentar buruk tentang karyamu, Kamu benar-benar tidak memiliki motivasi untuk melanjutkannya. Begitu klien tidak menyukai karyamu, itu berarti dia menghargai karyamu dengan harga yang lebih murah atau sebenarnya dia tidak menyukainya. Mendesain membutuhkan mood yang terkadang naik turun tetapi itu jangan membuatmu down patah semangat dan tidak mau lagi membuat desain. Jangan terpancing oleh emosimu, jika tidak, Kamu akan kehilangan klien dan pekerjaanmu.

16. Jangan melebih-lebihkan kemampuanmu

Begitu Kamu mengerjakan sebuah proyek, Kamu harus mengukur kemampuanmu dan menggunakan desain yang lebih sederhana namun bagus, tanpa menggunakan elemen yang belum pernah Kamu dengar atau coba sendiri. Begitu Kamu menangani hal-hal sederhana, Kamu pasti bisa meneruskan desain yang lebih rumit. Maka Kamu bisa menyatakan bahwa Kamu menjadi lebih profesional.

17. Jangan memikirkan angka

Ketika Kamu mulai mendesain, Kamu harus menjauhi pemikiran seperti “Berapa banyak proyek yang dapat saya hasilkan dalam seminggu, bagaimana dengan sebulan?”. Ini hanya akan mempengaruhi kinerjamu dan pada titik tertentu Kamu mungkin akan kecewa karena Kamu salah menghitung sesuatu. Kamu akan sampai pada saat dimana Kamu tidak memiliki waktu untuk memikirkan angka karena banyaknya proyek yang akan Kamu hadapi sebagai desainer profesional.

18. Jangan meremehkan detailnya

Detail pasti memberikan desain tampilan khusus. Perhatikan detailnya, mereka sangat penting dalam komposisi dan akan membuat karyamu unik. Pikirkan detail tentang tipografi, background, logo, atau efek dan Kamu akan melihat betapa kerennya desainmu akan terlihat.

19. Jangan mengolok-olok desainer pemula

Salah satu hal yang bisa dilihat pada desainer pemula adalah cara mereka mengolok-olok rekan-rekan mereka. Cobalah bersikap toleran terhadap desainer baru, karena Kamu mungkin tidak jauh berbeda dari mereka. Tetaplah keren dan belajar menjadi desainer yang baik.

20. Percaya pada diri sendiri

Percayalah bahwa semuanya akan berakhir dengan baik dan jangan kehilangan kepercayaan pada diri sendiri dan kekuatanmu. Hal ini sangat penting sebenarnya dan akan membantu Kamu mendapatkan motivasi yang tepat.

21. Jangan dengarkan siapapun 

Jangan ikuti saran orang secara membabi buta. Cobalah bereksperimen dan temukan yang terbaik bagi Kamu, itu berbeda dari orang ke orang. Apa yang ternyata bagus bagi seseorang mungkin salah bagimu, bahkan jika orang tersebut memiliki niat terbaik saat memberimu sedikit nasihat.

22. Jangan mau cepat saji

Ketika Kamu kehilangan inspirasi dan menginginkan yang serba instan, pastinya Kamu akan mencari situs web dimana terdapat hasil desain yang sudah jadi. Jangan dibiasakan seperti itu, itu hanya akan menghancurkan kreatifitasmu. Amati hasil karya orang lain dan kemudian jadikan itu sebagai motivasi serta inspirasi yang dapat membangun idemu sendiri. Jadi, sejelek-jeleknya karyamu itu tetap hasilmu sendiri.

Nah, itulah 22 Tips untuk Desainer Pemula yang mungkin bisa Kamu pahami dan diimplementasikan secara langsung. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat diambil positifnya. Terimakasih sudah membaca dan tunggu postingan selanjutnya.

Jangan lupa untuk komentar karena bisa saja Kamu ingin menanyakan sesuatu dan kemudian mendapatkan pencerahan. So, Keep Stay !


EmoticonEmoticon