Tuesday, April 25, 2017

Pewarnaan Pantone

Tags

Pewarnaan Pantone

Pewarnaan Pantone - Pantone adalah sebuah perusahaan di Amerika Serikat yang membuat sistem pewarnaan Pantone Matching yang telah memiliki hak paten. Biasanya digunakan di dunia percetakan, dan terkadang juga digunakan untuk membuat cat, kain, dan plastik.
Pantone Matching System digunakan sebagai standar untuk membuat warna.

Warna Pantone ditandai dengan nomor-nomor unik. Contohnya PMS 300.
Pewarnaan Pantone


Salah satu penggunaanya adalah Pantone Matching System digunakan sebagai standar pada CMYK Process. CMYK Process adalah sebuah metode untuk mencetak warna menggunakan 4 warna (4-color job), yaitu Cyan, Magenta, Yellow, dan Black. 

Sebagian besar benda yang dicetak dihasilkan menggunakan CMYK Process, dan ada bagian dari warna Pantone yang bisa dihasilkan menggunakan CMYK Process.
Namun, sebagian besar warna Pantone tidak bisa dihasilkan menggunakan CMYK process, melainkan dengan menggunakan 14 pigmen warna dasar (termasuk hitam) yang dicampur dalam kadar tertentu.

Percetakan offset sangat memanfaatkan warna Pantone ketika harus mencetak one-color, two-color, atau 3-color job (biasanya untuk mencetak kartu nama). Namun, untuk mencetak sesuatu dengan 4-color job seperti pada model CMYK, maka PMS tidak digunakan, dan warna PMS akan dikonversi menjadi CMYK jika ada beberapa bagian pada desain yang diberi warna Pantone.

Namun, karena warna Pantone telah menjadi standar inernasional, biasanya setiap logo terkenal memiliki warna Pantonenya sendiri. Karena setiap manufaktur yang berbeda akan tetap menghasilkan hasil cetakan dengan warna yang sama.

Sehingga saat desain mu yang menggunakan pewarnaan Pantone dicetak, maka printer akan mampu untuk menghasilkan warna yang sama persis berulang kali.

Sedangkan pewarnaan CMYK, pada hasil cetakan akan menunjukkan sedikit perbedaan tergantung dari software yang digunakan untuk membuat desain tersebut, dan teknik pencetakan.

Itulah kenapa perusahaan sangat senang jika logo nya diberi pewarnaan Pantone. Karena warna logo akan tetap sama, apapun media cetaknya, baik itu kartu nama, kop surat, amplop, warna Pantone akan tetap tampil konsisten.

Warna Pantone dikenal juga dengan Spot Colors
Printer yang digunakan untuk mencetak spot color berbeda dengan printer yang digunakan untuk mencetak warna CMYK Process. Maka akan lebih mahal untuk mencetak desain dengan warna Pantone.

Color of The Year
Setiap tahun, pantone mengumumkan Color of The Year atau Warna Tahun Ini. Pantone memperkirakan warna apa yang akan menjadi tren di konsumen untuk setahun kedepan. Untuk pertama kalinya, pada tahun 2016, Pantone mengumumkan dua warna untuk tahun 2016. Yaitu warna Rose Quartz dan Serenity.

Pantone mencetak katalog warna mereka yang dilengkapi dengan nomor warna Pantone dan kode Hex untuk tiap-tiap warna. Katalog itu digunakan sebagai pedoman untuk memilih warna Pantone. Harganya berkisar $155 hingga $2.000.

Pewarnaan Pantone

Baca Juga:
Teori Warna tentang Warna untuk Proyek Desainmu
 
Mereka juga menerbitkan pedoman untuk warna-warna CMYK yang bisa dihasilkan menggunakan proses PMS.
Keunggulan lain dari Pantone adalah, sistem ini mampu menghasilkan warna metalik dan warna yang berkilau (fluorescent)



EmoticonEmoticon