Friday, April 14, 2017

Google Auto Draw, Aplikasi Menggambar Otomatis

Tags

Google Auto Draw

Google Auto Draw, Aplikasi Menggambar Otomatis - Siapa yang tidak tahu Google? Perusahaan terbesar didunia ini sudah meluncurkan banyak teknologi yang keren dan canggih. Dan diwaktu dekat ini Google sudah meluncurkan teknologi baru dan menanamkannya dengan sistem AI (Artificial Intelligence), teknologi apa itu? Yap betul, namanya Google Auto Draw.

Dari namanya sudah ketahuan definisinya, Auto yaitu otomatis dan Draw itu menggambar. Aplikasi Auto Draw ini menggambar secara otomatis dengan mengubah coretan kasar menjadi sebuah gambar clip art. Wow, keren bukan? Walaupun gambar kita tidak jelas, Auto Draw ini akan mencoba dan mencari tahu apa yang ingin kamu gambar tadi.

Gambar dibawah adalah percobaan:
Auto Draw

Aplikasi berbasis web ini gratis dan multiplatform (bisa digunakan pada HP, Komputer, Tablet, Laptop atau lainnya asal terhubung koneksi internet. Aplikasi ini cocok bagi yang baru mau belajar menggambar, hal ini sangat membantu bagi pembelajaran anak-anak.

Di aplikasi ini kamu bisa juga menambahkan teks, membentuk, dan mewarnai gambarmu. Setelah selesai menggambar, kamu juga bisa mendownloadnya atau bisa juga dibagikan melalui Twitter, Facebook, Google Plus atau lainnya. Gambar yang dihasilkan berupa format PNG, bukan vektor.

 “Untuk saat ini Auto Draw bisa menebak ratusan gambar dan berharap bisa menambahkan lebih banyak seiring berjalannya waktu.” Ujar Dan Motzenbecker dan Kyle Phillips dari Google.

Walaupun Google tidak memberikan semua rincian tentang cara kerjanya, tetapi teknologi ini menggunakan Machine Learning. Machine Learning adalah jenis perhitungan dimana mesin tidak perlu diprogram secara eksplisit untuk melakukan sesuatu.

Mirip dengan teknologi sebelumnya yakni Google Terjemahan yang bisa memberikan pengenalan tulisan tangan di aplikasinya, sehingga kamu bisa menulis kata dengan jari agar diterjemahkan ke bahasa lain secara otomatis.

Mengenali tulisan tangan, orang-orang cenderung menggambar huruf dengan membuat garis/goresan dalam urutan dan arahan yang hampir sama. Contohnya tidak ada yang menggambar huruf M dari kanan ke kiri.

Pada bulan November 2016, Google merilis serangkaian permainan pembelajaran mesin (Machine Learning), yang dirancang untuk membantu melatih sistem agar lebih cerdas dan mengumpulkan data untuk mereka pelajari.

Auto Draw menggunakan teknologi yang sama seperti hasil eksperimen Google lainnya yaitu QuickDraw. Aplikasi ini adalah permainan mini yang memberitahu objek mana yang akan diambil, lalu memberi AI (Artificial Intelligence) 20 detik untuk mengetahuinya. Auto Draw lebih merupakan tool kreatif, memungkinkan pengguna membuat sesuatu seperti buku mewarnai.

Manfaat Auto Draw:
1.    Mempercepat proses menggambar
2.    Bersifat Gratis
3.    Mudah dalam penggunaan (Friendly)
4.    Membantu orang yang tidak bisa menggambar


Kamu bisa mencobanya langsung dengan mengunjungi situsnya,
Autodraw.com


EmoticonEmoticon