Wednesday, March 01, 2017

Tutorial Membuat Tipografi di CorelDraw X7

Tags

Kumpulan Tipografi

Tutorial Membuat Tipografi di CorelDraw X7 - Hai teman-teman, kembali lagi dengan kami. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat Tipografi di CorelDraw. Postingan sebelumnya sudah dibahas tentang Apa Itu Tipografi. Yuk langsung disimak ^^ wuuusshhh..


1.    Pertama atur dibagian View, Ceklis semua yang saya beri garis merah. Tujuannya untuk membantu pengerjaan kamu dalam membuat desain khususnya penempatan tata letak. Jika dirasa bagian ini tidak begitu penting, bisa kamu skip.


2.    Selanjutnya kita buat persegi dengan ukuran 210 mm x 210 mm selebar ukuran kertas A4, kemudian kita beri warna dengan klik objek yang akan diwarnai lalu tekan F11 dan akan muncul Edit Fill.
Untuk warna background terserah kamu, kalau saya beri warna RGB dengan kode Hex #4A3F32.

Baca Juga : Kombinasi Warna yang bisa kamu pilih buat Desainmu


3.    Kemudian kita buat garis putus-putus untuk patokan lurus tidaknya desain yang kita buat. Caranya dengan drag & drop ruler di sebelah kiri yang ditunjukkan dengan anak panah lalu geser sesuai gambar dibawah.


4.    Lalu buatlah kalimat apapun yang kamu suka, jika belum ada ide, silahkan membuat kalimat seperti dibawah.
Atur agar posisinya berada di tengah background. Teks yang sebelah kiri adalah teks yang akan kita buat desain tipografinya, sedangkan yang sebelah kanan adalah jenis font dari teks yang digunakan pada tutorial kali ini.

Baca Juga : Tips Menentukan dan Menghafal Font untuk Desain


5.    Atur ukuran kata ‘saya’ menjadi 65pt. Lalu buat 2 garis dibawah dengan menggunakan Pen Tool. Garis berukuran 3.0 pt. Beri warna keduanya warna putih.
NB: untuk ukuran kata dan garis bisa diatur sesuai keinginan dan kebutuhan.


6.    Selanjutnya kita buat persegi panjang dengan ukuran seperti dibawah, untuk membuat sudut-sudutnya melengkung bisa klik Shape Tool, jangan lupa klik Scalloped Corner pada Property Bar dan atur tingkat kelengkungan (Corner Radius) menjadi 6,0 mm. Secara otomatis ke empat sudut akan sama hasilnya.
Atur ukuran kata ‘KERJA KERAS’ menjadi 62 pt.


7.    Klik objek persegi yang baru saja kita edit tadi dan beri warna putih, agar tampilan lebih catchy hilangkan outline pada objek tersebut dengan cara memilih None pada dropdown outline.
Kata ‘KERJA KERAS’ beri warna seperti warna pada background.


8.    Kemudian kita buat objek bintang dengan ukuran bebas, yang saya buat berukuran 6,49 mm untuk horizontal dan 6,172 mm untuk vertikal.Untuk menggandakan bintang agar posisinya pas dan rapi, kita atur di transformations.
Cara mengaktifkannya dengan klik menu Object -> Transformations.

Lalu pada tab Position, atur nilai X, arah penggandaan, dan banyaknya objek yang akan di copy seperti gambar dibawah, jika sudah klik Apply.


9.    Kita beri warna putih pada bintang, seleksi ketiga bintang tersebut, copy and paste.
Lalu hasil penggandaan tersebut kita pindahkan ke sisi sebelah kanan.
Atur ukuran kata ‘karena saya’ menjadi 29 pt.
Yaiy Kita sudah hampir selesai, Semangat!!!


10.    Atur kata ‘SADAR’ sebesar batas garis bantu (garis putus-putus bewarna biru).
Kemudian buat 2 garis dengan menggunakan Pen Tool seperti gambar dibawah ini.
Untuk ketebalan garis, saya memilih ukuran 3.0pt.


11.    Lalu, garis yang tersebut kita ubah syle nya menjadi garis putus-putus.
Caranya:
- Double click pada gambar pena di status bar (bisa dilihat pada kotak nomor 1).
 Lalu Akan muncul window outline pen.

- Pilih garis putus-putus yang diinginkan pada kolom Style.
- Jangan lupa ceklis Scale with Object, tujuannya agar ukuran outline mengikuti objek, walaupun objek diperbesar maupun diperkecil.





12.    Hasil akhir yang diinginkan adalah seperti gambar dibawah ini.


13.    Atur ukuran kata ‘saya butuh’ menjadi 40 pt. Dan buatlah 2 garis yang berbeda ukurannya. Garis 1 ukurannya 3.0 pt, sedangkan Garis 2 ukurannya 1.5 pt.


14.    Kemudian buat persegi panjang dan persegi seperti gambar dibawah dengan menggunakan Rectangle Tool. Atur ukuran kata ‘MASA DEPAN’ menjadi 60 pt.


15.    Klik objek perseginya lalu tekan Ctrl + Q (Convert to Curve). Kemudian klik Shape Tool dan klik 2 kali pada garis(edge) untuk membuat node baru.


16.    Lalu kita drag & drop node tadi ke kanan seperti gambar dibawah.


17.    Jika sudah, kita gandakan dengan cara tekan Ctrl + C lalu Ctrl + V. Kemudian hasil objek salinan tadi kita Flip Horizontal. Lalu geser ke sebelah kanan.


18.    Beri warna putih pada objek dan warna background pada teks. Lalu kita hilangkan outline pada objek tersebut dengan cara memilih None pada dropdown outline.


19.    Setelah itu, kita gabungkan semua yang sudah kita buat kecuali background. Caranya dengan blok semua objek -> klik kanan -> Group Objects (Ctrl + G).


20.    Kemudian atur objek tadi agar ditengah background atau atur ukuran agar terlihat pas.

Baca Juga : Apa itu Tipografi? Seberapa Pentingkah?

Nah, selesai sudah tutorial kali ini. Gimana teman-teman? Kayanya susah ngga? Mudah kan yah? Hehe. Mungkin jika ada kesulitan bisa coret-coret dikolom komentar. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga apa yang kita pelajari ini bermanfaat untuk kita dan orang lain. Salam tek tek ^^


EmoticonEmoticon