Tuesday, March 14, 2017

Tutorial Membuat Kartu Nama di CorelDraw X7

Tags

Mockup Kartu Nama Bagian Depan

Mockup Kartu Nama Bagian Belakang


Tutorial Membuat Kartu Nama di CorelDraw X7 – Halo teman-teman.. gimana kabarnya? Semoga dalam keadaan baik yaa.. 
Kali ini kita akan membahas Cara Membuat Kartu Nama di CorelDraw X7. Sebelumnya kita sudah membahas Tutorial Membuat ID Card di CorelDraw. Lho apa bedanya? Bedanya di desain dan posisinya.

ID Card yang kemarin kita buat lebih cocok untuk Co-Card yang digunakan oleh panitia sebuah event atau acara sejenis, atau untuk tanda pengenal anggota organisasi. Sedangkan kartu nama yang kali ini akan kita buat lebih condong digunakan secara pribadi untuk keperluan bisnis.

Untuk itu, kita akan membuat Kartu Nama dengan posisi Horizontal. Yuuk caww langsung gaes ^.^

1.    Pertama buka lembar kerja dan ubah satuan milimeters menjadi inches di bagian Units. Untuk ukuran halaman terserah kamu saja, yang penting cukup untuk ukuran kartu nama yang akan kita buat.

2.    Buatlah ukuran kartu nama dengan panjang 3,5 inchi dan lebar 2,0 inchi. Saya disini menggunakan ukuran kartu nama standar internasional. Bagi teman-teman yang menginginkan standar indonesia bisa menggunakan ukuran 90 mm x 55 mm.
Pertama-tama kita buat yang bagian depan terlebih dahulu.

3.    Buat persegi panjang dengan ukuran 3,5 inchi x 0,727 inchi seperti gambar di bawah dengan Rectangle Tool.

4.    Buat persegi panjang dengan ukuran 3,5 inchi x 0,07 inchi seperti gambar di bawah dengan Rectangle Tool.

5.    Tambahkan lingkaran dengan menekan tombol Ctrl + klik (drag and drop) agar bentuk lingkaranya proporsional. Untuk ukuran diameter saya 0,74 inchi agar tidak terlalu kecil dan tidk terlalu besar juga.

6.    Kemudian buat garis horizontal seperti  yang ditunjukkan gambar di bawah dengan menggunakan Pen Tool. Buat garisnya berada ditengah lingkaran.

7.    Lalu seleksi objek lingkaran dan garis kemudian outline kita tebalkan menjadi 0,75 mm.


8.    Buatlah teks dan posisikan seperti gambar di bawah. Untuk teksnya bisa teman-teman ubah sesuai keinginan.
Keterangan :
-    YOUR NAME     = ukuran 11 pt dan jenis fontnya Century Gothic (Bold)
-    Job Title         = ukuran 9 pt dan jenis fontnya Century Gothic (Normal)
-    Phone, Fax, dll    = ukuran 7,5 pt dan jenis fontnya Century Gothic (Bold)

9.    Kemudian buatlah garis vertikal dengan ukuran 0,479 inchi sesuai ukuran lebar dari teks Phone sampai Email menggunakan Pen Tool.

10.    Untuk ikon facebook, google+, dan twitter saya menggunakan font Awesome. Cara menggunakan FontAwesome pada desain,  bisa teman-teman baca di Bagaimana Cara Menggunakan FontAwesome.
Untuk teks ‘yourname’ bisa dganti dengan nama akun klien atau nama akun media sosial teman-teman . Ukuran fontnya 7 pt.

11.    Kemudian letakkan logo perusahaan/organisasidi pojok kanan atas, lokasi persisnya bisa dilihat pada gambar di bawah.
Lalu tambahkan teks berupa nama perusahaan/organisasi, ukuran teks disesuaikan dengan tinggi logo, usahakan agar teks tepat sejajar dengan bagian tengah logo. Jenis font Century Gothic (Normal).

12.    Setelah itu import foto wajah ke lembar kerja CorelDraw. Jika sudah, klik kanan pada foto lalu pilih PowerClip Inside.

13.    Kemudian nanti akan ada tanda panah seperti di bawah yang artinya objek bagian mana yang akan kita tambahkan foto tersebut. Kita pilih objek lingkaran.

14.    Untuk mengatur pas tidaknya foto kita klik kanan pada objek lingkaran lalu pilih Edit PowerClip.

15.    Atur foto agar pas sesuai dengan posisi yang teman-teman inginkan kemudian jika sudah tekan ikon (Stop Editing Contents) di bawah.

16.    Setelah bagian depan selesai, Kita lanjut untuk membuat bagian belakang Kartu Nama.
Kita copy persegi panjang bagian background dan bagian atasnya saja.
Lalu kita buat persegi panjang lagi dengan ukuran 3,5 inchi x 0,316 inchi menggunakan Rectangle Tool. Letakkan persegi panjang tersebut di bawah, untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar berikut.

17.    Buatlah garis sejajar dengan kartu nama bagian depan agar seolah-olah nyambung menggunakan Pen Tool, ukurannya 0,75 pt. Lalu import logo perusahaan/organisasi teman-teman dan atur posisinya ditengah-tengah garis seperti di bawah. Untuk ukurannya terserah teman-teman, secukupnya saja.

18.    Lalu buatlah teks yang berisi nama perusahaan atau nama organisasi beserta tagline. seperti gambar di bawah.
Keterangan :
-    COMPANY NAME    = ukuran 12 pt dan jenis fontnya Century Gothic (Bold)
-    Tagline        = ukuran 12 pt dan jenis fontnya Century Gothic (Normal)
-    Alamat Web    = ukuran 6,5 pt dan jenis fontnya Century Gothic (Bold)

19.    Nah, bagian terakhir kita beri warna. Caranya dengan mengklik objek yang akan diwarnai lalu tekan F11 dan munculah jendela Edit Fill.
1.    Kita pilih Uniform Fill
2.    Pilih RGB
3.    Ketik kode Hex
-    Hijau Dongker = #255758
-    Oranye = #F68505
-    Putih = #FEFEFE
Kemudian jika sudah semua, tekan OK.

20.    Nah jika sudah kita hilangkan garis outlinenya, dengan cara memblok semua objek persegi panjang (yang masih ada garis outlinenya) lalu kita pilih None pada Property Bar.

21.    Taraaa, sudah jadi. Ini tampilan kartu nama bagian depan (kiri) dan bagian belakang (kanan).


Akhirnya tutorial membuat kartu nama sudah selesai. Semoga bisa dipahami dan sekiranya ada pertanyaan/kesulitan bisa tanyakan dikolom komentar yaa.. Semoga bermanfaat..

Gimana teman-teman? Mudah bukan? Hehe ada kabar baik lho, barangkali teman-teman lebih suka nonton ceramah, eh maksudnya nonton video. Kami menyediakan versi Video Tutorialnya.


Sekian terimakasih sudah berkunjung ^^


EmoticonEmoticon