Sunday, January 01, 2017

7 Tren Teknologi yang Mungkin Terjadi di 2017

7 Tren Teknologi yang Mungkin Terjadi di 2017 - Setelah dimanjakan oleh teknologi yang cukup mengesankan selama tahun 2016, tak ada salahnya jika kita sedikit menebak bagaimana kira-kira tren teknologi yang akan kita hadapi di sepanjang tahun 2017 nanti. Techsigntic sudah merangkum setidaknya ada 7 teknologi yang 'mungkin' akan menjadi tren setahun kedepan.

1. IoT dan Smart Home Tech

photo: wovow.org
“Internet of Things” sepertinya akan benar-benar menjadi kenyataan. Semua benda dalam berbagai kebutuhan dan fungsi benar-benar akan terhubung oleh internet dan diakses oleh pengguna lewat internet.

Salah satu gebrakannya adalah Smart-Home, yang mulai dikembangkan sejak 2016. Smart-Home memiliki perabotan yang terkoneksi oleh internet dan bisa kita kendalikan melalui smartphone! Salah satu perusahaan yang mengembangkan Smart-Home adalah Amazon dan Google. Amazon megeluarkan Alexa, sebuah bluetooth speaker, yang dilengkapi fitur aktivasi suara yang memungkinkan kamu untuk mengontrol perabotan cerdas di rumahmu.

Dengan Alexa, kamu bisa menghidupkan air-conditioner cukup dengan mengucapkan “Hidupkan ac di suhu 16 derajat” atau meminta Alexa untuk membeli tas di toko online hanya dengan suaramu.

Atau contoh lainnya,  saat kamu sedang berbelanja di supermarket dan kamu lupa apakah persediaan susu mu masih ada atau tidak, daripada menebak-nebak, gunakan smartphone mu untuk melihat kedalam smart-refrigerator yang sudah dilengkapi kamera. Kamu bebas melihat isi lemari pendingin melalui layar smartphone dan melanjutkan berbelanja.

Atau, bayangkan sebuah rumah yang bisa dengan otomatis mengunci pintu, memadamkan lampu, mematikan peralatan listrik, bahkan kompor saat tidak ada orang di rumah. Kamu tidak akan pernah lagi bolak-balik sampai tiga kali hanya untuk memastikan apakah pintu rumah sudah terkunci atau belum


2. AR dan VR

AR dan VR
photo: fortune.com
Augmented/virtual reality system cukup membuat kehebohan di tahun 2016. Ingat ketika semua orang sibuk berburu pokemon? Atau headset keluaran Oculus yang membuat mimpi terliar gamers hampir menjadi kenyataan?
Tahun lalu, beberapa perusahaan teknologi memperkenalkan produk AR dan VR mereka, seperti Microsoft yang mengeluarkan stand-alone HoloLens, lalu ada HTC Vive dan Oculus Rift, Samsung pun tak mau ketinggalan dengan meluncurkan Gear VR, dan ada juga Sony Playstation VR. Semua produk itu menawarkan kesempatan untuk melihat ke dalam suatu bentuk “realitas yang baru”. Namun produk-produk itu hanyalah sebuah terobosan awal.

Di tahun 2017, kemungkinan akan ada perkembangan drastis di dunia AR dan VR headsets, seperti kualitas resolusi tampilan yang meningkat, headset yang lebih ringan, lebih portable, dan tentu saja  fully-wireless.

3. Advance Machine Learning dan AI

Machine learning  adalah salah satu bentuk artificial intelligent (kecerdasan buatan) yang membuat komputer mampu belajar sendiri tanpa harus diprogram secara khusus untuk melakukan tugas tertentu, komputer mengajari dirinya sendiri untuk berkembang ketika menerima informasi baru. Tujuannya agar mesin bisa bekerja seperti manusia, balajar dari pengalaman.

Contohnya, sebuah komputer yang bisa menyebutkan nama hewan ketika diberikan gambar hewan tertentu. Ketimbang diprogram secara langsung oleh programmer dengan memberi informasi tentang semua hewan, komputer lebih diprogram untuk mengenali pola-pola tertentu. saat pertama kali diberikan gambar gajah, lalu berikutnya diberikan gambar kucing, maka komputer harus bisa mengenali perbedaan dari kedua gambar tersebut lalu menambah informasi kedalam sistemnya sendiri. Wow. it's little bit creepy for me.

4. Virtual Personal Assistant (VPA)

Virtual Personal Assistant (VPA)
photo: crunchbase.com
Setelah munculnya Siri, Cortana, Google Now, dan Alexa pada tahun 2016, Virtual Personal Assistant atau asisten pribadi dalam wujud virtual akan benar-benar melakukan terobosan di tahun 2017. Kini VPA ditujukan untuk membantu pekerjaan manusia layaknya seorang asisten sungguhan, seperti mengurus penjadwalan rapat via e-mail, memberikan informasi yang diminta, merespon permintaan untuk memainkan musik, atau berbelanja kebutuhan tuannya. Bahkan hal sederhana seperti mencari restoran terdekat juga bisa dilakukan oleh VPA.


5. Everything on Demand

Pernah menggunakan GoJek? Atau Uber? Yah, aplikasi sejenis GoJek dan Uber sepertinya akan semakin menarik minat konsumen. Orang-orang saat ini mulai terbiasa untuk memenuhi segala hal yang dibutuhkannya melalui aplikasi pada smartphone. Dan aplikasi sejenis akan terus berkembang dan semakin populer sepanjang 2017, mulai untuk mengantar ke tempat tujuan, layanan delivery, bahkan untuk mencari tempat tinggal.


6. Automation (Otomatisasi)

Automation (Otomatisasi)
photo: theguardian.com from Aflo/REX/Shutterstock
Pasar bisnis sepertinya menganggap automation technology adalah andalan besar sepanjang 2017 nanti. Otomatisasi adalah menggeser peran manusia pada tugas-tugas tertentu. Contohnya robot jurnalis yang dikembangkan di Jepang. Robot ini bahkan mampu menulis artikel yang runtut dan menarik. Wah… Mungkin beberapa lapangan pekerjaan akan mulai tergantikan oleh robot, lalu akan semakin banyak pengangguran bermunculan. Apakah ini awal mula persaingan manusia dan robot ? apakah akan ada perang antara manusia dan robot ?  Ini mulai terlihat seperti drama. SKIP!

Lalu mobil tanpa pengemudi (self-driving car) yang pada akhir 2016 masih dalam tahap penyempurnaan juga semakin menarik minat pasar.

Ketika otomatisasi dipadukan dengan machine learning semua perangkat teknologi akan mampu berkembang dengan cepat, mungkin saja 2017 benar-benar memiliki kesempatan potensial untuk menjadi tahun yang bersejarah bagi teknologi.
 

7. DRONE

Drone
photo: info.rodongroup.com

Perkembangan yang sangat cepat beberapa tahun ini membuat drone dilirik oleh banyak investor pada tahun 2017. Drone dilihat akan menarik konsumen baik dari perusahaan besar, pemerintah, maupun masyarakat umum. Sudah ada daftar penjang pemesanan dari klien di bidang pertanian, pengelolaan lahan, energi, dan konstruksi.  Tak hanya itu, sektor usaha pengiriman barang juga mulai melirik drone untuk dijadikan salah satu layanan pengiriman yang bisa dipilih oleh konsumen.



Nah, itu tadi beberapa tren teknologi yang mungkin akan terjadi di tahun 2017. Tidak ada yang tahu apakah ini benar-benar akan menjadi tren atau tidak sama sekali. Kejutan dapat terjadi dari arah yang berbeda. Apapun yang terjadi, cukup menyenangkan untuk berfikir tentang segala sesuatu yang akan terjadi di masa depan.



SELAMAT DATANG 2017!!! ^_^

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon