Tuesday, January 31, 2017

Tips Menentukan dan Menghafal Font untuk Desain dengan Mudah

Tips Font

Apa kabar desainmu? Any problem atau ada masalah? *sama ajaa..

Setiap kali saya mendesain pasti ada aja halangannya, apa aja sih? Tentunya banyak dan itu macem-macem, masa mau disebutin satu-satu Hehe..


Pengalaman saya mendesain mungkin yang paling vital di bagian warna dan font yang akan digunakan. Nah untuk warna sendiri nanti akan dibahas di artikel selanjutnya. Sabar yaa hehe..

Jujur aja, dulu tuh saya pasti kebingungan milih font yang cocok apa sih buat desain saya ini? Sampai kepala pusing, kejang-kejang. *emang kepala bisa kejang? Haha. Nah disini saya mau berbagi tips dan mungkin bisa dibilang trik. Tips apa nih? Jangan bilang suruh hafalin font. Banyak sekali tuh..

Ya enggalaah. Bisa-bisa putih tuh rambut. Hehe

Tips Font


Siapkan 2 lembar kerja A4 di CorelDraw, nantinya akan diisi beberapa font. Teman-teman nggausah khawatir bakal ngisi font-font tersebut. Saya ada nih font-font keren yang bisa dipake.

Kumpulan Font

Untuk halaman pertama isinya seperti diatas. Liat aja tuh udah lumayan banyak fontnya. Jumlahnya 144 font lhoo..


Kumpulan Font

Ini buat halaman keduanya. Jumlahnya juga sama 144 font. Kalau semuanya dijumlah jadi 288 gaes.

Eits tunggu dulu, saya ngga nyuruh hafalan lho ya. Itu nanti kalian cetak dan ditempel diatas meja nempel tembok. Tujuannya apa? Biar kamu sedikit-sedikit hafal font-fontnya, walaupun ngga hafal semua setidaknya bisa memilih font yang cocok buat desain kamu.

Mendesain sambil memandang kertas yang berisi font-font dapat meringankan beban pikiran. Hehe Jangan lupa juga ditambah semacam styroform yang ditempeli kertas-kertas pengingat. Biar ga lupa makan sama beribadah karna saking asiknya mendesain.

Oiya ada tambahan tips nih, usahain kalau desain apapun jangan gunakan lebih dari 3 font yaa. Maksimal 3, Minimal 1. Karena font disini sangat berperan penting agar desain tetap tampak elegan dan keren.

Nah itu tadi tips untuk menghafal dan menggunakan font yang baik.

Tambahan lagi nih. *tambahan terus hehe. Ada juga yang namanya FontAwesome, itu juga sangat penting dalam menambah ikon-ikon seperti sosial media, logo dsb tanpa harus kita desain capek-capek. Hanya dengan meng-copy ikon dari webnya lalu tinggal paste. Ikonnya pun berbentuk vector jadi bisa di edit sesuai kebutuhan. Penasaran kaya apa? Mau tau cara pakenya? Baca juga disini : Font Awesome

Bagi yang ingin mentahan 2 gambar diatas bisa download disini.

Google Drive

Terimakasih sudah mau membaca tulisan saya yang acak-acakan ini. Semoga bermanfaat yaa..^^


EmoticonEmoticon