Friday, January 27, 2017

Kapan Google I/O 2017 dilaksanakan? Dimana?

Google I/O 2017
Google I/O brings together developers for an immersive experience focused on exploring the next generation of tech - Kalau diterjemahkan ke bahasa yang kita pahami dengan baik dan benar, intinya, Google I/O itu event yang menyatukan para pengembang software untuk eksplorasi secara fokus pada teknologi keluaran google yang terbaru.

Kenapa Google I/O menjadi begitu penting dibahas?
Satu. Penyelenggara adalah Google, yang notabene adalah salah satu perusahaan raksasa dibidang teknologi.
Dua. Google I/O menjadi ajang untuk menampilkan produk baru, software, dan bahkan  project selanjutnya dari Google.
Tiga. Kita udah sangat amat kecanduan dengan teknologi. Jadi apapun yang berbau teknologi pasti kelihatan lezat.

Acara tahunan sejak 2008 ini berisi konfrensi untuk developers yang mengajarkan bagaimana cara terbaik untuk menggunakan berbagai sarana perusahaan dan paket software yang tersedia. Tapi yang menjadi daya tarik utama adalah keynote speech, dimana mungkin untuk tahun 2017 akan menampilkan cuplikan Android versi berikutnya, fitur-fitur canggih dari Google Assistant, dan mungkin membahas kelanjutan dari Smartphone Pixel.

Google I/O 2016 yang lalu


Google I/O akan diadakan di salah satu kota di negeri Paman Sam. 

Kalau mau lebih spesifik, Google I/O akan diselenggarakan di Shoreline Amphitheatre, Mountain View, California pada 17 – 19 Mei 2017.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Google memberikan programming challenge dan kuis yang berhadiah tiket masuk Google I/O.

Namun, tidak seperti biasanya, tahun ini  Google meninggalkan kesan kepada seluruh dunia dengan memberikan teka-teki yang akan menunjukkan tempat serta jadwal pelaksanaan Google I/O sehingga siapapun bisa memiliki kesempatan untuk memecahkan teka-teki tersebut.

Petunjuk pertama di posting pada halaman Google Plus milik Google Developers yang menampilkan sebuah kotak seperti papan catur ukuran 4 x 4.  Postingan itu juga memberikan link menuju halaman misterius.

Puzzle Google I/O 2017


Pada halaman ini, jika kita click “GO” maka akan langsung mengantarkan kita menuju salah satu repositori GitHub dengan seperangkat kode koordinat yang ternyata merujuk pada lokasi hutan Brazil. 

Petunjuk  selanjutnya, yaitu sebuah vidoe YouTube dengan keterangan menuju link lainnya yang mengantar kita pada koordinat lagi.

Total ada 5 puzzle yang harus dipecahkan. Nama negara yang menjadi lokasi koordinat itu disusun di papan catur yang sebelumnya kita lihat di Google Plus milik Google Developers, lalu lakukan kalkulasi akhir. Jawabannya akan langsung merujuk pada lokasi event Google I/O. Masukkan jawaban pada laman savethedate.foo  dan akan muncul  gambar yang menunjukkan tanggal pelaksanaanya.


Puzzle Google I/O 2017

Terus terang hal-hal yang akan dibahas pada Google I/O nanti masih berupa misteri, karena website resmi Google I/O sampai saat artikel ini ditulis) masih belum memberi keterangan tambahan.
Google I/O 2017


Kemungkinan tiket akan mulai dijual pada bulan Maret, untuk harga tiket tahun 2016 lalu, sekitar $900 untuk umum dan $300 untuk pelajar dan mahasiswa.

Karena tiket yang mahal dan lokasi yang jauuh dari Indonesia, sejak 2 tahun terakhir ini Google Developer Group (GDG) mengadakan Google I/O Extended, yaitu kegiatan nonton bareng keynote Google I/O. 

Walaupun keynote Google I/O bisa disaksikan sendirian lewat streaming di YouTube, gak ada salahnya juga sih, gabung rame-rame nonton bareng GDG, selain bisa ketemu orang-orang yang sehobi, juga bisa jadi ajang tukar pikiran yang positif dan asik. Mudah-mudahan tahun ini Google I/O extended akan diadakan lagi oleh GDG.


EmoticonEmoticon